DEBBIE ELIZANTY RUDDINAYA, 12206173065 and PHIL SYAIFUDDIN ZUHRI, 198106242014031002 (2022) KREATIFITAS GURU DALAM MENGAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI TK DHARMA WANITA NGANTRU PADA MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (145kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
Abstract
Kreatifitas dalam pembelajaran merupakan suatu sistem yang tak terpisahkan antara pendidik dengan peserta didik. Peranan kreatifitas guru tidak sekedar membantu proses belajar mengajar dengan mencakup satu aspek dalam diri manusia saja, akan tetapi mencakup aspek-aspek lainnya yaitu, kognitif, psikomotorik dan afektif. Fokus penelitian: 1) Bagaimana kreatifitas guru dalam mengajar anak usia 5-6 tahun menggunakan media pembelajaran audio visual di TK Dharma Wanita Ngantru pada masa pandemi Covid-19? 2) Apa saja hambatan yang dialami oleh guru dalam mengajar anak usia 5-6 tahun menggunakan media pembelajaran audio visual di TK Dharma Wanita Ngantru pada masa pandemi Covid-19? Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian didapatkan: 1) Kreatifitas guru dalam mengajar anak usia 5-6 tahun menggunakan media pembelajaran audio visual di TK Dharma Wanita Ngantru pada masa pandemi Covid-19 yaitu memiliki ide yang beragam dalam pemecahan masalah media pembelajaran, sering bertukar informasi dengan teman sejawat yang lebih berpengalaman, mencari alternativ media menggunakan bahan yang ada di lingkungan serta memanfaatkan teknologi internet dan perangkat yang ada seperti laptop dan pengeras suara didukung oleh salah satu guru yang ahli dalam menggunakan teknologi. 2) Hambatan yang dialami oleh guru dalam mengajar anak usia 5-6 tahun menggunakan media pembelajaran audio visual di TK Dharma Wanita Ngantru pada masa pandemi Covid-19 yaitu pribadi yang merasa kurang kreatif dan fasilitas yang ada dalam pembuatan media pembelajaran. Solusinya guru harus sering mengikuti pelatihan-pelatihan tentang media pembelajaran serta sharing dengan teman sejawat serta guru mensiasati dengan media yang ada di lingkungan sekolah, guru tidak menggunakan media yang harus dibeli dan mahal, tetapi menggunakan media yang ada di lingkungan sekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | Mrs. 12206173065 Debbie Elizanty Ruddinaya |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:46 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29526 |
Available Versions of this Item
-
KREATIFITAS GURU DALAM MENGAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI TK DHARMA WANITA NGANTRU PADA MASA PANDEMI COVID-19. (deposited UNSPECIFIED)
- KREATIFITAS GURU DALAM MENGAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI TK DHARMA WANITA NGANTRU PADA MASA PANDEMI COVID-19. (deposited 03 Aug 2022 07:46) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |