KREATIFITAS GURU DALAM MENGAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI TK DHARMA WANITA NGANTRU PADA MASA PANDEMI COVID-19

DEBBIE ELIZANTY RUDDINAYA, 12206173065 and PHIL SYAIFUDDIN ZUHRI, 198106242014031002 (2022) KREATIFITAS GURU DALAM MENGAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI TK DHARMA WANITA NGANTRU PADA MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Kreatifitas dalam pembelajaran merupakan suatu sistem yang tak terpisahkan antara pendidik dengan peserta didik. Peranan kreatifitas guru tidak sekedar membantu proses belajar mengajar dengan mencakup satu aspek dalam diri manusia saja, akan tetapi mencakup aspek-aspek lainnya yaitu, kognitif, psikomotorik dan afektif. Fokus penelitian: 1) Bagaimana kreatifitas guru dalam mengajar anak usia 5-6 tahun menggunakan media pembelajaran audio visual di TK Dharma Wanita Ngantru pada masa pandemi Covid-19? 2) Apa saja hambatan yang dialami oleh guru dalam mengajar anak usia 5-6 tahun menggunakan media pembelajaran audio visual di TK Dharma Wanita Ngantru pada masa pandemi Covid-19? Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian didapatkan: 1) Kreatifitas guru dalam mengajar anak usia 5-6 tahun menggunakan media pembelajaran audio visual di TK Dharma Wanita Ngantru pada masa pandemi Covid-19 yaitu memiliki ide yang beragam dalam pemecahan masalah media pembelajaran, sering bertukar informasi dengan teman sejawat yang lebih berpengalaman, mencari alternativ media menggunakan bahan yang ada di lingkungan serta memanfaatkan teknologi internet dan perangkat yang ada seperti laptop dan pengeras suara didukung oleh salah satu guru yang ahli dalam menggunakan teknologi. 2) Hambatan yang dialami oleh guru dalam mengajar anak usia 5-6 tahun menggunakan media pembelajaran audio visual di TK Dharma Wanita Ngantru pada masa pandemi Covid-19 yaitu pribadi yang merasa kurang kreatif dan fasilitas yang ada dalam pembuatan media pembelajaran. Solusinya guru harus sering mengikuti pelatihan-pelatihan tentang media pembelajaran serta sharing dengan teman sejawat serta guru mensiasati dengan media yang ada di lingkungan sekolah, guru tidak menggunakan media yang harus dibeli dan mahal, tetapi menggunakan media yang ada di lingkungan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: Mrs. 12206173065 Debbie Elizanty Ruddinaya
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:46
Last Modified: 03 Aug 2022 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29526

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item