MOHAMAD AINUL AZIZ MUBAROK, 12201173250 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Mohamad Ainul Aziz Mubarok, NIM 12201173250, yang dibimbing oleh: Ahmad Fikri Amrullah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Religius, Fikih Guru merupakan komponen pendidikan yang sangat dominan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru adalah orang yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran di madrasah. Mengingat krisis akhlak yang melanda negeri ini, kemajuan teknologi yang begitu pesat membawa dampak tersendiri bisa berdampak positif dan juga bisa berdampak negatif. Berdampak positifnya yaitu bisa menemukan informasi di internet dalam hal pembelajaran dengan begitu kita bisa dengan mudah memperoleh informasi dari internet dan juga bisa memanfaatkannya dengan baik, tapi disamping itu ada dampak negatifnya yaitu sering lalai dalam mengerjakan ibadah seperti sholat dan aktivitas keagamaan lainnya. Adapun fokus penelitian ini 1) Apa saja unsur strategi guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Darussalam Kademangan Blitar? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Darussalam Kademangan Blitar? 3) Bagaimana evaluasi strategi guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Darussalam Kademangan Blitar?. Adapun tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui Unsur strategi guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Darussalam Kademangan Blitar 2)Untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Darussalam Kademangan Blitar 3) Untuk mengetahui evaluasi strategi guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan pengamatan, triangulasi, perpanjangan kehadiran, teman sejawat dan klarifikasi dengan informan serta menggunakan beberapa teori atau para ahli yang kompeten di bidangnya. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Unsur strategi guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Darussalam Kademangan Blitar yaitu dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik, jadi guru menanamkan nilai-nilai moral yang baik kepada peserta didik dengan tujuan peserta didik bisa membedakan mana yang baik dan tidak baik dengan Penyusunan Rencana Pelaksanan Pembelajaran(RPP) menjadi langkah awal dalam peningkatan karakter religius. Peran RPP dalam peningkatan karakter religius ini disesuaikan dengan KMA(Keputusan Menteri Agama) dengan tujuan untuk menyesuaikan arahan dari pusat, dan penyesuaian materi terbaru dengan kurikulum yang diterapkan. 2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Darussalam Kademangan Blitar yaitu Dalam pelaksanaannya guru fikih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, yakni melalui metode ceramah dan juga penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning, dimana para peserta didik diajak untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari. 3) Evaluasi strategi guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Darussalam Kademangan Blitar yaitu dilakukan untuk bisa membedakan karakter yang harus dilakukan dan tidak dilakukan supaya peserta didik tidak akan terjerumus dalam hal yang tidak diinginkan dan senantiasa berada dijalan yang benar disamping akan membawa kebahagiaan bagi individu, juga sekaligus membawa kebahagiaan bagi masyarakat adalah dengan menerapkan sistem poin untuk membatasi peserta didik dalam bertindak melebihi batasan untuk bisa dikatakan sebagai karakter yang religius.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 12201173250 MOHAMAD AINUL AZIZ MUBAROK |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 07:37 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 07:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29546 |
Actions (login required)
View Item |