Ainun Jariah, 12212183009 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI MAN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (904kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (125kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Self efficacy memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pengaruh terhadap perilaku diri sendiri. Seseorang yang memiliki self efficacy tinggi akan terus bertahan dalam usahanya meskipun banyak mengalami tantangan dan kesulitan dalam belajar. Kimia merupakan mata pelajaran yang tergolong kompleks dan dianggap kurang menarik oleh siswa. Salah satu materi yang sering dianggap sulit oleh siswa ialah hukum-hukum dasar kimia. Penerapan model pembelajaran konvensional mengakibatkan siswa kurang aktif selama pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi self efficacy dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang bersifat konstruktivisme yakni pembelajaran yang menitikberatkan pada keaktifan dan mengharuskan siswa membangun pengetahuannya sendiri. Inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan dan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam mengkonstruk konsep. Tujuan dalam penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap self efficacy siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di MAN 2 Nganjuk, 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di MAN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan quasi eksperimental design dengan tipe nonequivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MAN 2 Nganjuk, sedangkan sampelnya ialah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampelnya ialah purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket digunakan untuk mengukur self efficacy siswa yang berjumlah 25 item pertanyaan yang telah dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,907 dengan kategori sangat tinggi dan soal tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yang berjumlah 15 item pertanyaan pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,695 dengan kategori tinggi. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap self efficacy siswa pada materi hukumhukum dasar kimia di MAN 2 Nganjuk. Berdasarkan hasil perhitungan uji t angket self efficacy diperoleh thitung ≥ ttabel = 6.720 ≥ 1.669 dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di MAN 2 Nganjuk. Berdasarkan hasil perhitungan uji t angket self efficacy diperoleh thitung ≥ ttabel = 3.852 ≥ 1.669 dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183009 Ainun Jariah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 07:55 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 07:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29554 |
Actions (login required)
View Item |