PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTs DARUL HIKMAH

ULFIA NUR HAMIDAH, 12211183023 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII DI MTs DARUL HIKMAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (613kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di MTs Darul Hikmah” ini ditulis oleh Ulfia Nur Hamidah NIM. 12211183023, Jurusan Tadris Fisika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata kunci: Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Seorang pendidik dituntut untuk memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi, situasi, dan kondisi siswa agar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, terutama pada pelajaran IPA kelas VIII MTs pada materi getaran dan gelombang. Pada saat ini, pembelajaran IPA masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan tanya jawab sehingga proses pembelajaran kurang menyenangkan dan siswa merasa bosan yang berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran guided discovery learning diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar IPA sehingga minat dan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap minat belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Darul Hikmah Tulungagung. (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Darul Hikmah Tulungagung. (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran guided duscovery learning terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII MTs Darul Hikmah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya eksperimen semu (quasi experiment). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII EH MTs Darul Hikmah yang berjumlah 138 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah dengan menggunakan analisis uji independent sample t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran guided discovery learning terhadap minat belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Darul Hikmah. Hal ini didasarkan pada nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000. (2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Darul Hikmah. Hal ini didasarkan pada nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,040. (3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran guided discovery learning terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang kelas VIII di MTs Darul Hikmah. Hal ini didasarkan pada nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183023 ULFIA NUR HAMIDAH
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:34
Last Modified: 18 Aug 2022 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29572

Actions (login required)

View Item View Item