PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PERMAINAN BIOLOGI (BIOCARDS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI MTs SALAFIYAH SYAFI’IYAH KLINTEREJO

ZUBAIDAH UMMAH AL AZIZ, 12208183032 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PERMAINAN BIOLOGI (BIOCARDS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI MTs SALAFIYAH SYAFI’IYAH KLINTEREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan oleh guru biologi di MTs Salafiyah Syafi'iyah Klinterejo pada umumnya masih berupa media pembelajaran konvensional seperti LKS. Namun, media ini dinilai kurang efisien untuk digunakan sebagai penunjang sumber belajar biologi. Selain itu, proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru juga akan menyebabkan siswa merasa jenuh, cenderung tidak ikut aktif dalam pembelajaran sehingga rata-rata hasil belajar siswa masih rendah belum mencapai KKM. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi media pembelajaran lain yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif terutama pada materi pemanasan global. Produk media pembelajaran biologi yang dihasilkan berupa kartu permainan biologi (biocards) karena media pembelajaran kartu permainan biologi (biocards) pada materi pemanasan global masih jarang dijumpai. Biocards dapat menjadi media yang inovatif dan edukatif tentunya cocok untuk dijadikan sebagai sarana untuk menjembatani siswa dalam memahami konsep materi pemanasan global yang tergolong sulit. Hal tersebut yang melatar belakangi penelitian pengembangan media pembelajaran berupa kartu permainan biologi (biocards) materi pemanasan global serta pengaruh penerapan media pembelajaran berupa biocards terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Salafiyah Syafi'iyah pada materi pemanasan global. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran biocards materi pemanasan global (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran biocards yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran materi pemanasan global (3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran biocards dalam meningkatkan hasil belajar biologi pada materi pemanasan global. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan untuk mengembangakan produk berupa media pembelajaran kartu permainan biologi (biocards) materi pemanasan global. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), impelementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu berupa wawancara, angket validasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran, evaluasi hasil belajar serta angket respon siswa terhadap kelayakan media pembelajaran Biologi berupa biocards oleh siswa kelas VII MTs Salafiyah Syafi'iyah Klinterejo. Hasil penelitian ini adalah proses pengembangan menghasilkan media pembelajaran Biologi berupa kartu permainan biologi (biocards) yang meliputi bagian sampul (cover) dan bagian isi. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi mendapat persentase skor sebesar 68%. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media mendapat persentase skor sebesar 92,5%. Hasil validasi yang diperoleh dari praktisi pembelajaran mendapat persentase sebesar 84%. Berdasarkan perolehan hasil validasi terhadap media pembelajaran Biologi berupa kartu permainan biologi (biocards) materi pemanasan global dinyatakan layak untuk diimplementasikan atau diujicobakan sebagai media pembelajaran Biologi bagi siswa kelas VII di MTs Salafiyah Syafi'iyah Klinterejo. Adapun pada tahap implementasi media biocards dalam proses pembelajaran melalui kegiatan evaluasi tes hasil belajar dan penyebaran angket respon siswa didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari media pembelajaran berupa kartu permainan biologi (biocards) pada materi pemanasan global terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan media pembelajaran berupa biocards diperoleh nilai rata-rata hasil belajar biologi meningkat setelah dilakukan perlakuan, yakni nilai rata-rata pretest adalah 35,33 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 75,83 dengan selisih sebanyak 40,50. Adapun hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol yang diajar menggunakan media pembelajaran berupa LKS dan LKPD diperoleh nilai ratarata hasil belajar biologi meningkat setelah dilakukan perlakuan, yakni nilai ratarata pretest adalah 36,00 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 51,80 dengan selisih sebanyak 15,80. Selain itu, pada penilaian hasil respon siswa terhadap kelayakan media yang diperoleh dari siswa kelas VII mendapatkan skor 83%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183032 ZUBAIDAH UMMAH AL AZIZ
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:22
Last Modified: 18 Aug 2022 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29579

Actions (login required)

View Item View Item