Wulandari, Meyce Nur Afni (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
LAMPIRAN AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I REVISI.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II REVISI.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III REVISI.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV REVISI.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V REVISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Koperasi, Hasil Belajar penguasaan materi Beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung adalah lemahnya penguasaan materi pelajarn IPS yang diakibatkan guru hanya menggunakan metode ceramah dan hampir tidak pernah menggunakan media yang berfariasi sehingga menjadikan siswa mudah bosan dan cenderung melakukan aktifitas lain seperti bercanda dengan teman, melamun dan bahkan mengantuk. Permasalahn lain yaitu siswa tidak maksimal dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dikarenakan mereka banyak yang lupa dengan tentang meteri yang telah dipelajari. Dalam materi koperasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation ini diharapkan dapat memotovasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPS materi Koperasi kelas IV MI Hidayatul Mubtaddin Wates Sumbergempol Tulungagung?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar belajar siswa dengan di terapkanya pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPS semester 2 pokok bahasan koperasi IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi peneliti untuk menambah wawasan, pola fikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas dari sebagai guru. Bagi MI Wates Sumbergempol dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Proses pelaksanaan penelitian ini meliputi: 1) tahap perencanan (plan), 2) tahap pelaksanaan (act), 3) tahap observasi (observe), xviii dan 4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPS siswa kelas IV di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPS, keadaan siswa dan guru, dan respon siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation, Di sini peneliti pertama mengucapkan salam untuk membuka pelajaran. Kemudian Peneliti membagi kelas menjadi 3 kelompok karena jumlah siswa ada 21, jadi masing-masing kelompok beranggotakan 7 siswa. Kemudian peneliti membagikan lembar kerja kelompok kepada masing-masing kelompok dan meminta setiap kelompok untuk melakukan diskusi dengan kelompoknya. Pada akhir pembelajaran peneliti memberikan pertanyaan lisan secara acak kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa. Hasil penelitian model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation, menunjukkan adanya peningkatan Hasil Belajar siswa mulai pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 37,86 (pre test), meningkat menjadi 50,26 (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 80,00 (post test siklus II). Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dapat diketahui dari presentase ketuntasan belajar siswa. Pada saat pre test presentasenya 19,05%, meningkat pada hasil siklus I, presentase ketuntasan belajar 50,26 kemudian meningkat lagi pada hasil post test siklus II, presentase ketuntasan belajar 85,71. Dengan demikian, pembuktian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 03 Dec 2014 03:03 |
Last Modified: | 03 Dec 2014 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/296 |
Actions (login required)
View Item |