PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 3 SRENGAT BLITAR

ASTRI AYU, 12209183009 (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMPN 3 Srengat Blitar” ini di tulis oleh Astri Ayu, NIM 12209183009 Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan. Dosen pembimbing Drs. Jani, MM, MPd., NIP 196602101985031001 Kata kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Mata Pelajaran IPS Terpadu, Minat Belajar Siswa. Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan sudah terencana untuk mewujudkan suasana belajar maupun proses belajar supaya siswa secara interaktif dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini ialah : (1) Bagaimana perencanaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII SMPN 3 Srengat Blitar tahun ajaran 2021/2022? (2). Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII SMPN 3 Srengat Blitar tahun ajaran 2021/2022?. (3) Apa saja hambatan dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII SMPN 3 Srengat Blitar tahun ajaran 2021/2022?. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Model pembelajaran Project Based Learning sebuah metode pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk menyelesaikan sebuah proyek atau kegiatan ketika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari paparan penemuan yang peneliti temukan dilapangan bahwa siswa akan lebih bersikap mandiri dengan diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning. Penerapan dilakukan sesuai dengan langkah-langkah Project Based Learning antara lain 1.) Guru menyiapkan penugasan proyek atau pertanyaan kepada siswa, 2.) Mendesain perencanaan penugasan proyek atau pertanyaan kepada siswa, 3.) Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah penugasan proyek atau pertanyaan kepada siswa, 4.) Memantau kegiatan siswa dan perkembangan proyek siswa, 5.) Menguji hasil dari perkembangan proyek siswa, 6.) Mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Dalam pelasanaan pembelajaran Project Based Learning terdapat faktor-faktor penghambat ; Faktor internal ini terdiri dari kurangnya penguasaan materi dan kesiapan belajar siswa serta guru kurang memahami metode pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal antara lain lingkungan rumah, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah di tambah lagi fasilitas yang kurang merata disemua ruang kelas seperti fasilitas yang kurang memadai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209183009 ASTRI AYU
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:52
Last Modified: 18 Aug 2022 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29600

Actions (login required)

View Item View Item