PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MI PLUS AL MAHMUD BACEM PONGGOK BLITAR

HANIK LATIFATUS SHOLIHAH, 128505203011 (2022) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MI PLUS AL MAHMUD BACEM PONGGOK BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Motivasi, Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar” ditulis oleh Hanik Latifatus Sholihah dengan pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Muawanah, M. Pd dan Dr. Muhamad Zaini, M. A Kata Kunci : Video Pembelajaran, Motivasi Belajar, Berfikir Kritis, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan pendidikan yang pesat pasca pandemi covid-19 dengan segala media pembelajaran sebagai alternatif tersampaikannya materi pembelajaran dengan maksimal. Berawal dari penggunaan media pembelajaran sebagai alternatif peneliti memilih media video pembelajaran guna meningkatkan motivasi, kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang menurun pasca pandemi. Rumusan Masalah dalam penelitian ini : (1) Seberapa baik motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik menggunakan video pembelajaran di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar? (2) Seberapa baik kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran Tematik menggunakan video pembelajaran di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar? (3) Seberapa baik hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik menggunakan video pembelajaran di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar? (4) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan video pembelajaran motivasi peserta didik pada pembelajaran Tematik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar? (5) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan video pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran Tematik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar? (6) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperiment Design atau eksperimen semu dengan desain two group Posttest-Only Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar yang berjumlah 677 peserta didik. Sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 52 peserta didik. Perolehan data dengan menggunakan instrumen angket motivasi belajar, posttest kemampuan berfikir kritis dan posttest hasil belajar. Analisis data menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analysis Of Variance). Hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik menggunakan video pembelajaran dalam kategori baik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar. Hal ini berdasarkan hasil analisis data uji statistik deskriptif pada variabel motivasi belajar yang ditunjukkan sebanyak 10 siswa dari 25 siswa dengan presentase sebesar 40% dan mean 82,20. (2) Kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran Tematik menggunakan video pembelajaran dalam kategori sedang di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar. Hal ini berdasarkan hasil analisis data uji statistik deskriptif pada variabel kemampuan berfikir kritis yang ditunjukkan sebanyak 12 siswa dari 25 siswa dengan presentase sebesar 48% dan mean 73,16. (3) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik menggunakan video pembelajaran dalam kategori sangat baik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar. Hal ini berdasarkan hasil analisis data uji statistik deskriptif pada variabel hasil belajar yang ditunjukkan sebanyak 7 siswa dari 25 siswa dengan presentase sebesar 28% dan mean 87,80. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar. Hal tersebut berdasarkan hasil perolehan uji MANOVA yang menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik memiliki angka signifikansi lebih kecil dari taraf signifikasi (5% = 0,05) yakni 0,036 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan H_a diterima dan H_o ditolak. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan video pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran Tematik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar. Hal tersebut berdasarkan hasil perolehan uji MANOVA yang menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik memiliki angka signifikansi lebih kecil dari taraf signifikasi (5% = 0,05) yakni 0,045 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan H_a diterima dan H_o ditolak. (6) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar. Hal tersebut berdasarkan hasil perolehan uji MANOVA yang menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik memiliki angka signifikansi lebih kecil dari taraf signifikasi (5% = 0,05) yakni 0,013 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan H_a diterima dan H_o ditolak. Kesimpulannya bahwa penggunaan video pembelajaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi, kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas III di MI Plus Al Mahmud Bacem Ponggok Blitar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: Hanik Latifatus Sholihah
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:54
Last Modified: 18 Aug 2022 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29615

Actions (login required)

View Item View Item