SITI MU’ALIFAH, 12205183217 (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER MELALUI IBADAH SEJAK DINI PADA SISWA DI SD ISLAM AL HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (600kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Berkarakter Melalui Ibadah Sejak Dini pada siswa SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Mu’alifah, NIM 12205183217, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Saiful Bahri, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi pendidik dalam membentuk pendidikan karakter dalam diri peserta didik agar memiliki nilai-nilai karakter yang baik. Pendidikan karakter adalah proses dalam membentuk karakter yakni pendidikan karakter itu dibentuk melalui pembiasaan, dan kebiasaan itu adalah hasil dari perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga menjadi sebuah rutinitas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan implementasi pendidikan berkarakter pada siswa di SD Islam Al Hidayah samir Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan berkarakter melalui ibadah sejak dini pada siswa di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? 3) Bagaimana hasil dari implementasi pelaksanaan ibadah sejak dini pada siswa di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Sumber data diperoleh dari dua jenis yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan (1) triangulasi (2) bahan referensi. Hasil penelitiannya: pendidikan karakter mampu membuat peserta didik memiliki perilaku baik dan mulia. 1) Perencanaan pendidikan karakter melalui kegiataan keagamaan yaitu pertama sekolah mengadakan rapat guru serta kepala sekolah, kedua pendidik mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatannya ketiga karena kemampuan siswa berbeda-beda guru harus mempunyai strategi. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiataan keagamaan yaitu melalui pembiasaan sholat dhuha, membaca serta menghafal materi plus, dan kegiatan qiro’ah. 3) Hasil dari pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan yaitu peserta didik mempunyai sifat akhlakul karimah, disiplin, memiliki prestasi, serta menjadi pribadi yang mandiri dan taat agama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183217 SITI MU’ALIFAH |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 07:56 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 07:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29676 |
Actions (login required)
View Item |