DISPOSISI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DI KELAS VIII B MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

SAHILATUL MA’ISYAH, 12204183003 (2022) DISPOSISI MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DI KELAS VIII B MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Disposisi Matematis Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV di Kelas VIII B MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung,” ini ditulis oleh Sahilatul Ma’isyah, NIM 12204183003, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Disposisi Matematis, Gaya Kognitif, Menyelesaikan Masalah Konteks penelitian dalam skripsi ini adalah disposisi matematis siswa. Disposisi matematis adalah sikap positif siswa terhadap matematika yang meliputi percaya diri, tekun, gigih, memiliki minat dan keingintahuan. Disposisi yang dimiliki antara satu siswa dengan siswa lainnya tentu berbeda, begitu pula dalam memahami serta menyelesaikan masalah. Karakteristik yang berbeda antara siswa dalam memahami serta menyelesaikan suatu masalah disebut gaya kognitif. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dalam menyelesaikan masalah SPLDV. (2) Untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan masalah matematika SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan wawancara. Teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian yang diambil ada empat siswa kelas VIII B MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung yaitu dua siswa dengan gaya kognitif field independent dan dua siswa dengan gaya kognitif field dependent. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memunculkan enam indikator disposisi matematis yakni percaya diri, gigih dan tekun, fleksibel, refleksi, menilai aplikasi matematika dalam bidang lain, serta mengapresiasi peran matematika. (2) Siswa dengan gaya kognitif field dependent mampu memunculkan dua indikator disposisi matematis yakni gigih dan tekun, serta menilai aplikasi matematika dalam bidang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183003 SAHILATUL MA’ISYAH
Date Deposited: 08 Sep 2022 02:42
Last Modified: 08 Sep 2022 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29705

Actions (login required)

View Item View Item