STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SUMBER ABADI DI DESA MAJAN KECAMATAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

MOCH AHDZAN RIFALDY, 12402173289 (2022) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) SUMBER ABADI DI DESA MAJAN KECAMATAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumber Abadi di Desa Majan Kecamatan Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Moch Ahdzan Rifaldy NIM. 12402173289, pembimbing Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M. Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin ketatnya persaingan usaha antara pelaku usaha, maka setiap perusahaan dituntut untuk lebih memperhatikan manajemen pemasarannya. Setiap perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk membuat usahanya tetap bertahan ditengah ketatatya persaingan. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana upaya strategi peningkatan volume penjualan bisnis yang bergerak di bidang kuliner milik UMKM Sumber Abadi dengan dikeluarkannya inovasi rasa baru?; (2) Bagaimana UMKM Sumber Abadi Majan menjaga volume penjualan agar tetap stabil disaat pandemi Covid-19? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sumber data yang diperoleh dari informasi, situasi lokasi, dan berkasberkas dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pemasaran yang diterapkan pada UMKM Sumber Abadi dalam meningkatkan volume penjualannya adalah menggunakan strategi segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi pemasaran 4P yaitu meliputi produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Dalam upaya strategi peningkatan volume penjualan UMKM Sumber Abadi ini dapat disimpulkan manajemen dan strategi penjualan yang dilakukan oleh perusahaan ini diantaranya adalah melakukan perencanaan yang baik mulai dari jenis usahanya, lokasi, dan hambatan yang mungkin akan terjadi, melakukan analisis produk serta persaingan dagang, dan melakukan pemasaran yang tepat. (2) UMKM Sumber Abadi Majan untuk menjaga volume penjualan untuk tetap stabil dimasa pandemi dengan menjaga kualitas dari produk, dengan memberikan perbedaan dari segi variasi rasa atau dengan memberikan potongan harga kepada pelangganya, pelayanan yang baik kepada konsumen salah satu hal penting untuk menjaga volume penjualan dari UMKM Sumber Abadi. Kata kunci : Strategi, pemasaran, dan volume penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173289 MOCH AHDZAN RIFALDY
Date Deposited: 13 Sep 2022 12:56
Last Modified: 13 Sep 2022 12:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29718

Actions (login required)

View Item View Item