PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR

TSANIA LAYDA KHAIRUN NISSAK, 12204183266 (2022) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah, pembelajaran lebih banyak di dominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan kurang menguasai materi. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, salah satunya dengan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar, (2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap motivasi siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dan motivasi siswa dalam menyelesaikan masalah Trigonometri kelas XI di MAN Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI di MAN Kota Blitar, sampel yang diambil adalah siswa kelas XI MIA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Manova. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri kelas XI di MAN Kota Blitar. Berdasarkan hasil nilai tes terlihat ada perbedaan, dibuktikan dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,03 < 0,05. (2) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap motivasi siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri kelas XI di MAN Kota Blitar. Berdasarkan hasil nilai angket terlihat ada perbedaan, dibuktikan dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,048 < 0,05. (3) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dan motivasi siswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri kelas XI di MAN Kota Blitar. Berdasarkan hasil analisis pillai’s trace memiliki Sig. 0,003, wilk’s lambda memiliki Sig. 0,001, sedangkan hotelling’s trace, dan Roy’s lagest root memiliki Sig. 0,000, dimana semua memiliki Sig < 0,005. Sehingga keputusan H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183266 TSANIA LAYDA KHAIRUN NISSAK
Date Deposited: 23 Aug 2022 08:27
Last Modified: 23 Aug 2022 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29739

Actions (login required)

View Item View Item