FITRI WIDYAWATI, 12212183036 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN UNTUK SISWA KELAS XII SMA/MA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (965kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis Guided Inquiry pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Siswa Kelas XII SMA/MA” ini ditulis oleh Fitri Widyawati, NIM. 12212183036, pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, Guided Inquiry,Sifat Koligatif Larutan. Penggunaan bahan ajar kimia khususnya materi sifat koligatif larutan masih terbatas pada bahan ajar cetak, seperti buku paket dan LKS yang cenderung monoton dan kurang menarik. Selain itu, guru juga belum memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran kimia secara maksimal, seperti mengembangkan bahan ajar kimia sendiri sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum 2013. Penerapan kurikulum 2013 harusnya berpusat pada siswa, namun yang terjadi hingga saat ini proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang dapat membantu siswa belajar secara aktif dan mandiri, yaitu menggunakan E-Modul berbasis guided inquiry. Tujuan penelitian ini adalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses pengembangan E-Modul berbasis guided inquiry pada materi sifat koligatif larutan untuk siswa kelas XII SMA/MA, (2) Mengetahui tingkat kelayakan pengembangan E-Modul berbasis guided inquiry pada materi sifat koligatif larutan untuk siswa kelas XII SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model 4D dari S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya dibatasi hingga tahap develop dikarenakan estimasi waktu, biaya, dan penyesuaian dengan kebutuhan. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh 1 dosen kimia dan 1 guru kimia. Subjek penelitian adalah 30 siswa SMAN 1 Campurdarat Tulungagung kelas XII MIPA 2. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) E-Modul yang dikembangkan menggunakan dengan tiga tahapan, yaitu define, design, dan develop dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word, Google Form, CorelDraw, Capcut, QR & Barcode Scanner, dan Flip Pdf Professional. E-Modul disusun dengan model pembelajaran guided inquiry. Isi E-modul meliputi cover, halaman judul, kata pengantar, daftar isi, peta konsep, pendahuluan, identitas E-Modul, kompetensi dasar dan indikator pembelajaran, petunjuk penggunaan, kegiatan pembelajaran, tujuan pembelajaran, uraian materi, latihan soal, penilaian diri, rangkuman, soal evaluasi, kunci jawaban dan pedoman penilaian, glosarium, dan daftar pustaka. (2) E-Modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh validator ahli materi dengan persentase sebesar 91,8% dan hasil validator ahli media persentase sebesar 95,2% dengan kriteria sangat valid. Sementara itu, angket respon siswa sebesar 84,6% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta respon siswa, E-Modul berbasis guided inquiry pada materi sifat koligatif larutan untuk siswa kelas XII SMA/MA ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa dalam proses pembelajaran kimia khususnya pada materi sifat koligatif larutan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183036 Fitri Widyawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 04:59 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 04:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29747 |
Actions (login required)
View Item |