STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI SD ‘AISYIYAH 1 NGANJUK

ULFA NUR CHOLIFAH, 12201183326 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI SD ‘AISYIYAH 1 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (540kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Stategi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Ummi di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk” ini ditulis oleh Ulfa Nur Cholifah, NIM. 12201183326 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si Kata Kunci: Metode Ummi, Pembelajaran Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur’an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim bahkan orang dewasa yang yang hanya sekedar membaca Al-Qur’an saja tanpa memperhatikan hukum bacaan dan tartil Al-Quran dengan baik dan benar. Di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk merupakan sekolah yang di pimpin oleh bapak kepala sekolah Aan Hariyanto, S.PdI. Dengan menggunakan metode Ummi sebagai upaya dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk? (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk ? (3) bagaimana evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk ? Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator Ummi dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk yaitu penentuan jilid, membuat target pembelajaran membaca Al-Qur’an, membuat jadwal kegiatan belajar mengajar, menentukan model pembelajaran membaca Al-Qur’an, membuat kalender pendidikan, pembagian tim pengajar, membuat program tahunan dan program semester, (2) pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Ummi yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, keterampilan, evaluasi dan penutup (3) Evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Ummi yaitu evaluasi harian, ujian kenaikan jilid dan ujian akhir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201183326 ULFA NUR CHOLIFAH
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:41
Last Modified: 22 Aug 2022 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29764

Actions (login required)

View Item View Item