ULFA NUR CHOLIFAH, 12201183326 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA Al-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI SD ‘AISYIYAH 1 NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (540kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Stategi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Ummi di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk” ini ditulis oleh Ulfa Nur Cholifah, NIM. 12201183326 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si Kata Kunci: Metode Ummi, Pembelajaran Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur’an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim bahkan orang dewasa yang yang hanya sekedar membaca Al-Qur’an saja tanpa memperhatikan hukum bacaan dan tartil Al-Quran dengan baik dan benar. Di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk merupakan sekolah yang di pimpin oleh bapak kepala sekolah Aan Hariyanto, S.PdI. Dengan menggunakan metode Ummi sebagai upaya dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk? (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk ? (3) bagaimana evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk ? Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator Ummi dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD ‘Aisyiyah 1 Nganjuk yaitu penentuan jilid, membuat target pembelajaran membaca Al-Qur’an, membuat jadwal kegiatan belajar mengajar, menentukan model pembelajaran membaca Al-Qur’an, membuat kalender pendidikan, pembagian tim pengajar, membuat program tahunan dan program semester, (2) pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Ummi yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, keterampilan, evaluasi dan penutup (3) Evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Ummi yaitu evaluasi harian, ujian kenaikan jilid dan ujian akhir.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183326 ULFA NUR CHOLIFAH |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 07:41 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 07:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29764 |
Actions (login required)
View Item |