PERSEPSI MASYARAKAT PEDESAAN MENGENAI BANK SYARIAH DAN DAMPAKNYA DALAM MINAT MENABUNG (Studi Kasus Masyarakat Desa Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)

NUR SAFINA MASKURIN, 12401183211 (2022) PERSEPSI MASYARAKAT PEDESAAN MENGENAI BANK SYARIAH DAN DAMPAKNYA DALAM MINAT MENABUNG (Studi Kasus Masyarakat Desa Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Persepsi Masyarakat Pedesaan Mengenai Bank Syariah dan Dampaknya dalam Minat Menabung (Studi Kasus Masyarakat Desa Tunggangri Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)”. ini ditulis oleh Nur Safina Maskurin, NIM. 12401183211, dengan pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya antusias masyarakat Desa Tunggangri terhadap minat di bank syariah meskipun mayoritas masyarakatnya beragama muslim. Masyarakat lebih familiar dengan bank konvensional yang lebih dulu hadir. Selain itu, masyarakat cenderung menyimpan atau menginvestasikan tabungannya dalam bentuk emas dan hasil panen karena menurut masyarakat lebih aman dan mudah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana persepsi masyarakat Desa Tunggangri mengenai Bank Syariah? 2) Bagaimana minat masyarakat Desa Tunggangri dalam menabung di Bank Syariah? 3) Bagaimana kendala dan solusi masyarakat Desa Tunggangri dalam menabung di Bank Syariah?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang menggambarkan keadaan sebenarnya yang terjadi di lapangan dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru, pelajar, mahasiswa, petani, pemilik toko kelontong dan ibu rumah tangga. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui wawancara yang dilakukan kepada 15 informan di Desa Tunggangri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi masyarakat di Desa Tunggangri Kecamatan Kalidawir yaitu masyarakat masih bingung dalam menjelaskan apa itu bank syariah, masyarakat juga menganggap bank syariah dan bank konvensional itu sama. 2) Masyarakat belum memiliki dorongan untuk memilih menabung di bank syariah dan cenderung dengan bank konvensional, karena masyarakat sudah lebih dulu mengenal bank konvensioal, sehingga kata bank syariah masih asing bagi masyarakat. 3) Beberapa masyarakat yang belum memiliki dorongan untuk menabung di bank syariah dikarenakan masyarakat lebih memilih menyimpan uangnya dalam bentuk emas dan hasil panen. Selain itu, faktor lokasi yang cukup jauh untuk ditempuh juga menjadi salah satu kendala dalam pemilihan keputusan masyarakat untuk menabung di bank syariah, sehingga solusi dalam masalah ini yaitu dengan adanya kantor cabang yang dekat dengan tempat tinggal masyarakat serta promosi dan edukasi tentang bank syariah kepada masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di desa dan jauh dari pusat kota. Kata Kunci: Bank Syariah, Masyarakat, Minat, Persepsi, Tabungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401183211 Nur Safina Maskurin
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:51
Last Modified: 23 Aug 2022 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29780

Actions (login required)

View Item View Item