PUTRI WAKHIDATUL KHUSNA, 12205183266 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENERAPAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS IV MI SUNAN KALIJOGO KENDALREJO BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (785kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (546kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (378kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (495kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul: “Analisis Pembelajaran Tematik Dalam Penerapan Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas IV MI Sunan Kalijogo Kendalrejo Blitar” ini ditulis oleh Putri Wakhidatul Khusna, NIM. 12205183266, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran Tematik, Higher Order Thinking Skills Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dalam dunia pendidikan, yakni masalah lemahnya proses pendidikan. Dalam pembelajaran, seorang anak kurang didorong untuk mengembangkan keterampilannya untuk berpikir. Padahal keterampilan berpikir sangat penting dalam dunia pendidikan sebagai upaya dalam meningkatkan potensi yang dimiliki peserta didik untuk menghadapi tuntutan dunia masa depan. Keterampilan berpikir yang diperlukan peserta didik yaitu keterampilan dalam berpikir kritis, berpikir kreatif, berkolaborasi dan berkomunikasi. Hal ini bisa dicapai dengan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Maka dari itu, perlu adanya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang baik dalam pembelajaran di MI Sunan Kalijogo Kendalrejo Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik dalam penerapan Higher Order Thinking Skills pada siswa kelas IV di MI Sunan Kalijogo Kendalejo Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dalam penerapan Higher Order Thinking Skills pada siswa kelas IV di MI Sunan Kalijogo Kendalejo Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik dalam penerapan Higher Order Thinking Skills pada siswa kelas IV di MI Sunan Kalijogo Kendalejo Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tematik dalam penerapan Higher Order Thinking Skills pada siswa kelas IV di MI Sunan Kalijogo Kendalrejo Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh pendidik kelas IV sudah memuat pembelajaran HOTS, (2) Pelaksanaan pembelajaran oleh pendidik kelas IV sudah memenuhi kriteria pembelajaran HOTS meskipun belum maksimal, (3) Evaluasi pembelajaran oleh pendidik kelas IV sudah baik, namun pada soal Penilaian Harian masih di dominasi soal dengan keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183266 PUTRI WAKHIDATUL KHUSNA |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 02:07 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 02:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29792 |
Actions (login required)
View Item |