ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENERAPAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS IV MI SUNAN KALIJOGO KENDALREJO BLITAR

PUTRI WAKHIDATUL KHUSNA, 12205183266 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENERAPAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS IV MI SUNAN KALIJOGO KENDALREJO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (785kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (546kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Skripsi dengan judul: “Analisis Pembelajaran Tematik Dalam Penerapan Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas IV MI Sunan Kalijogo Kendalrejo Blitar” ini ditulis oleh Putri Wakhidatul Khusna, NIM. 12205183266, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran Tematik, Higher Order Thinking Skills Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dalam dunia pendidikan, yakni masalah lemahnya proses pendidikan. Dalam pembelajaran, seorang anak kurang didorong untuk mengembangkan keterampilannya untuk berpikir. Padahal keterampilan berpikir sangat penting dalam dunia pendidikan sebagai upaya dalam meningkatkan potensi yang dimiliki peserta didik untuk menghadapi tuntutan dunia masa depan. Keterampilan berpikir yang diperlukan peserta didik yaitu keterampilan dalam berpikir kritis, berpikir kreatif, berkolaborasi dan berkomunikasi. Hal ini bisa dicapai dengan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Maka dari itu, perlu adanya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang baik dalam pembelajaran di MI Sunan Kalijogo Kendalrejo Blitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik dalam penerapan Higher Order Thinking Skills pada siswa kelas IV di MI Sunan Kalijogo Kendalejo Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dalam penerapan Higher Order Thinking Skills pada siswa kelas IV di MI Sunan Kalijogo Kendalejo Blitar? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik dalam penerapan Higher Order Thinking Skills pada siswa kelas IV di MI Sunan Kalijogo Kendalejo Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tematik dalam penerapan Higher Order Thinking Skills pada siswa kelas IV di MI Sunan Kalijogo Kendalrejo Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh pendidik kelas IV sudah memuat pembelajaran HOTS, (2) Pelaksanaan pembelajaran oleh pendidik kelas IV sudah memenuhi kriteria pembelajaran HOTS meskipun belum maksimal, (3) Evaluasi pembelajaran oleh pendidik kelas IV sudah baik, namun pada soal Penilaian Harian masih di dominasi soal dengan keterampilan berpikir tingkat rendah (LOTS).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183266 PUTRI WAKHIDATUL KHUSNA
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:07
Last Modified: 23 Aug 2022 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29792

Actions (login required)

View Item View Item