Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Qtello Ayu Desa Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Menurut Prespektif Ekonomi Islam

Rizqi Amelia, 12402183236 (2022) Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Qtello Ayu Desa Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Menurut Prespektif Ekonomi Islam. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Qtello Ayu Desa Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Menurut Prespektif Ekonomi Islam” ini ditulis oleh Rizqi Amelia, NIM. 12402183236, Program Studi Ekonomi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ahmad Budiman, M.S.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan antar bisnis kuliner. Dalam menghadapi persaingan tersebut, strategi perusahaan sangat dibutuhkan. Dalam memasarkan produknya, tentunya Qtello Ayu memiliki strategi pemasaran yang diterapkan agar mampu bersaing dengan produk jajanan masa kini mengingat produk yang dijual merupakan jajanan tradisional. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti mengenai strategi bauran pemasaran di UMKM Qtello Ayu dalam meningkatkan volume penjualan agar tetap mampu bertahan dalam menghadapi persaingan. Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan di UMKM Qtello Ayu Desa Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek berdasarkan bauran pemasaran (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidence)? (2) Bagaimana implementasi bauran pemasaran di UMKM Qtello Ayu Desa Gador Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan volume penjualan? (3) Bagaimana penerapan bauran pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan pada UMKM Qtello Ayu dalam prespektif ekonomi islam?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan tiga macam triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) strategi bauran pemasaran yang dilakukan UMKM Qtello Ayu meliputi strategi produk yaitu melakukan inovasi produk, strategi harga dengan menawarkan harga yang dapat dijangkau seluruh kalangan konsumen, strategi tempat/saluran distribusi yang diterapkan yaitu tempat usaha yang strategis dan mudah dijangkau, pendistribusian produk dititipkan di beberapa swalayan, strategi promosi adalah menggunakan media sosial dan kegiatan bazar, strategi orang yaitu memberikan pelayanan yang ramah, dan cepat kepada konsumen, strategi proses adalah memilih bahan baku yang berkualitas unggul, dan memperhatikan kebersihan produk, strategi bukti fisik yang dilakukan yaitu memiliki sarana-prasarana yang memadai dan ruangan yang nyaman. (2) UMKM Qtello Ayu sudah menerapkan strategi bauran pemasaran secara efektif. Hal ini dapat dilihat pada volume penjualan yang meningkat dari tahun ke tahun. Faktor yang mempengaruhinya adalah kualitas barang, selera konsumen, servis konsumen, dan persaingan menurunkan harga jual. (3) UMKM Qtello Ayu dalam menerapkan strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan produknya sudah sesuai dengan etika pemasaran syariah. Kata Kunci: Bauran Pemasaran dan volume penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizqi 12402183236 Rizqi Amelia
Date Deposited: 24 Aug 2022 01:42
Last Modified: 24 Aug 2022 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29849

Actions (login required)

View Item View Item