STRATEGI PENGELOLAAN USAHA KULINER DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Warung Mbok Djah Tulungagung)

Lolita Aprityas Giantari, 12405183011 (2022) STRATEGI PENGELOLAAN USAHA KULINER DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Warung Mbok Djah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengelolaan Usaha Kuliner Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Pendapatan dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Warung Mbok Djah Tulungagung)” ini ditulis oleh Lolita Aprityas Giantari, NIM 12405183011, Pembimbing Dr. H. Mashudi, M. Pd. I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pengelolaan usaha pada usaha kuliner menjadi sorotan utama karena Banyak orang berpikir bahwa melakukan usaha kuliner itu mudah, asal bisa memasak dan menyajikan makanan dengan baik maka sudah bisa membuka bisnis kuliner. Seorang pelaku usaha juga harus mengetahui bagaimana cara mengelola usahanya dengan baik agar bisa berkembang. Strategi pengelolaan usaha yang diterapkan Warung Mbok Djah yaitu berdasarkan fungsi pengelolaan usaha seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penerapan pengelolaan usaha yang tepat akan berdampak baik pada peningkatan pendapatan Warung dan kepuasan konsumen. Permasalahan penelitian ini adalah, 1) Bagaimana strategi pengelolaan usaha kuliner pada warung Mbok Djah dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan dan kepuasan konsumen? 2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pengelolaan usaha kuliner warung Mbok Djah dalam upaya meingkatkan pendapatan dan kepuasan kosnumen? 3) Bagaimana solusi terhadap kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi pengelolaan usaha kuliner warung mbok djah dalam uapaya meningkatkan pendapatan dan kepuasan konsumen? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Perencanaan (Planning), dilakukan oleh pemilik dengan cara melihat secara langsung fakta yang ada lapangan. Pengorganisasian (Organizing), pada Warung dilakukan dengan cara mengajak semua karyawan untuk berdiskusi tentang pembagian tugas daan jadwal kerja. Pelaksanaan (Actuating), dilaksanakan pemilik dan karyawan dengan melakukan tugas masing-masing yang diberikan dan pemilik selalu melakukan koordinasi. Pengawasan (Controling), dengan cara Pemilik turun tangan mengawasi semua kegiatan operasional yang ada di Warung. Beberapa kendala yang dihadapi Warung Mbok Djah saat pelaksanaan ada dua kategori yang di hadapi yaitu kendala internal dan eksternal. Untuk kendala internal sendiri yaitu meliputi konflik sesama karyawan dan keterlambatan pengiriman bahan mentah untuk memasak. Kendala Eksternal yang dihadapi yaitu adanya pesaing dan Miss Komunikasi. Solusi dari kendala yang dihadapi yaitu dari solusi kendala internal meliputi menerapkan sistem kekeluragaan sesama karyawan, membeli bahan baku di pasar tradisional sementara solusi untuk kendala eksternal pemilik sudah mempunyai strategi sendiri, memberikan layanan mengecek kembali pesanan. Kata Kunci : Strategi Pengelolaan Usaha, Usaha Kuliner, Pendapatan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Lolita Aprityas
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:17
Last Modified: 24 Aug 2022 06:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29893

Actions (login required)

View Item View Item