STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN TERNAK KELINCI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN DI PETERNAKAN KELINCI EKA JAYA RABBIT DI DESA SUKOSEWU KABUPATEN BLITAR DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

ALVI ROFIQOH, 12405183226 (2022) STRATEGI PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN TERNAK KELINCI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN DI PETERNAKAN KELINCI EKA JAYA RABBIT DI DESA SUKOSEWU KABUPATEN BLITAR DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Dan Pengembangan Ternak Kelinci Dalam Meningkatkan Jumlah Penjualan Di Peternakan Kelinci Eka Jaya Rabbit Di Desa Sukosewu Kabupaten Blitar Dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah” ini ditulis oleh Alvi Rofiqoh, NIM. 12405183226, pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pesaing bisnis dalam bidang peternakan. Adanya persaingan disebabkan karena banyaknya peternak yang juga tersebar di wilayah tersebut. Untuk menghadapi persaingan tersebut dibutuhkan strategi pemasaran dan juga pengembangan ternak yang tepat agar dapat meningkatkan jumlah penjualan dengan tetap memegang prinsip manajemen bisnis syariah. Oleh karena itu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Peternakan Eka Jaya Rabbit yaitu dengan menerapkan bauran pemasaran 4p. Fokus penelitian dalam pendekatan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan peternakan Eka Jaya Rabbit Blitar untuk meningkatkan penjualan? (2) Bagaimana strategi pengembangan ternak kelinci pada peternakan Eka Jaya Rabbit Blitar untuk meningkatkan penjualan dalam perspektif manajemen bisnis syariah?. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh peternakan eka jaya rabbit untuk meningkatkan jumlah penjualan adalah dengan menerapkan sistem bauran pemasaran yaitu: a) Produk (product), dengan meningkatkan mutu kelinci, dengan memberikan perawatan yang baik sehingga kelinci yang dihasilkan sehat, tidak cacat dan memiliki nilai jual yang tinggi, dan juga memanfaatkan produk kelinci mulai dari daging hingga kotoran kelinci yang nantinya dapat diolah dan dapat dijual. 2) Harga (price), mengamati dan memantau naik dan juga turunya harga di pasaran. c) Tempat atau saluran distribusi (Place), menggandeng para mitra kerja yang telah bekerja sama untuk meningkatkan penjualan dan pendistribusian. d) Promosi (Promotion), memanfaatkan media sosial seperti youtube, whatsapp, facebook, instagram. (2) Penerapan strategi pemasaran dan pengembangan kelinci yang dilakukan oleh peternakan eka jaya rabbit untuk meningkatkan jumlah penjualan dalam perspektif manajemen bisnis syariah, yaitu dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah yang berlaku dalam melakukan kegiatannya. Dengan menerapkan sikap yang dicontohkan Nabi dalam berdagang yaitu, jujur, adil, amanah dan juga tanggung jawab dalam melakukan kegiatanya sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku dan juga ketentuan dalam Hadist dan juga Al-Qur’an. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jumlah Penjualan, Manajemen Bisnis Syariah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183226 ALVI ROFIQOH
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:38
Last Modified: 15 Aug 2022 04:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29956

Actions (login required)

View Item View Item