PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MULTIMEDIA BERBASIS WEBSITE TEMA KONDISI ALAM INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG

AWANIS SHABRINA PUTRI SHOLIKHAH, 12209183046 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MULTIMEDIA BERBASIS WEBSITE TEMA KONDISI ALAM INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Ajar Multimedia Berbasis Website Tema Kondisi Alam Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di MTs Assyafi’iyah Gondang” ini ditulis oleh Awanis Shabrina Putri Sholikhah, NIM. 12209183046, pembimbing Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Website, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan penggunaan media ajar yang digunakan oleh guru dengan efektif dan inovatif, sehingga dalam suatu proses pembelajaran belum tersampaikan secara optimal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Ketepatan memilih media pembelajaran merupakan suatu faktor utama untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan media ajar multimedia berbasis website. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan media ajar multimedia berbasis website tema kondisi alam Indonesia pada pembelajaran IPS Terpadu di MTs Assyafi’iyah Gondang?, (2) Bagaimana kevalidan media ajar multimedia berbasis website tema kondisi alam Indonesia pada pembelajaran IPS Terpadu di MTs Assyafi’iyah Gondang?, (3) Bagaimana pengaruh media ajar website tema kondisi alam Indonesia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Asyyafi’iyah Gondang?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media ajar multimedia berbasis website pada pembelajaran IPS Terpadu tema kondisi alam Indonesia di MTs Assyafi’iyah Gondang, (2) Mengetahui kevalidan dari pengembangan media ajar website pada pembelajaran IPS Terpadu tema kondisi alam Indonesia di MTs Assyafi’iyah Gondang, (3) Mengetahui bagaimana pengaruh media ajar website terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema kondisi alam Indonesia di MTs Assyafi’iyah Gondang. Penelitian ini sebagai penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media ajar multimedia berbasis website sesuai dengan model pendekatan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di MTs Assyafi’iyah Gondang dengan subjek penelitian siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini diambil melalui analisis awal, angket siswa, lembar pengamatan aktivasi siswa, serta nilai posttest. Data yang didapat dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk pengevaluasian media ajar multimedia berbasis website. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan guru IPS terhadap media ajar multimedia berbasis website menunjukkan kategori baik dan layak digunakan. Dengan menggunakan media ajar multimedia berbasis website memiliki pengaruh peningkatan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai posttest pada kelas VII A dan VII B yangdiketahui Sig. (tailed-2) yaitu 0,000 atau (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen VII B menggunakan media ajar multimedia berbasis website sebesar 90,2 dan rata-rata nilai kelas kontrol VII A tidak menggunakan media ajar multimedia berbasis website sebesar 64,7 sehingga selisih diantaranya adalah 25,5 dan dapat disimpulkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan. Dengan hal ini media ajar multimedia berbasis website efektif untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209183046 AWANIS SHABRINA PUTRI SHOLIKHAH
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:38
Last Modified: 25 Aug 2022 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29990

Actions (login required)

View Item View Item