EKA WULANDARI, 12209183044 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS SMPN 2 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (6MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (6MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (6MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Skripsiُ denganُ judulُ “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Learning Berbasis Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS SMPN 2 Kalidawir”ُ iniُ ditulisُ olehُ Ekaُ Wulandari,ُ NIM.12209183044,ُ Dosenُ Pembimbingُ Nur Isroatul Khusna, M. Pd. Kata Kunci: Flipped Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar IPS Penelitian ini dilatar belakangi karena model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang efektif dan inovatif sehingga pembelajaran belum efektif. Proses pembelajaran Sebagian besar masih dilakukan dengan penyampaian informasi belum diarahkan pada proses kreatif atau membangun sendiri pengetahuannya, hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Agar hasil belajar siswa meningkat, maka proses pembelajaran harus dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara aktif membangun pengetahuannya, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran flipped learning berbasis media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain: (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran media audio visual materi kelangkaan dan kebutuhan manusia terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir? (2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran flipped learning berbasis media audio visual materi kelangkaan dan kebutuhan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir? (3) Bagaimana persepsi siswa penggunaan model pembelajaran flipped learning berbasis media audio visual materi kelangkaan dan kebutuhan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana kevalidan media pembelajaran media audio visual materi kelangkaan dan kebutuhan manusia terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir, (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran flipped learning berbasis media audio visual materi kelangkaan dan kebutuhan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir, (3) Untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa penggunaan model pembelajaran flipped learning berbasis media audio visual materi kelangkaan dan kebutuhan manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode R&D untuk mengetahui kevalidan media, metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped learning berbasis media audio visual terhadap hasil belajar siswa, dan metode deskriptif statistik untuk mengetahui persepsi siswa terhadap aktivitas dan motivasi belajar siswa. Hasil validasi ahli media, ahli materi, dan guru IPS terhadap media audio visual menunjukkan kategori baik dan layak digunakan. Dengan menggunakan model flipped learning berbasis media audio visual memiliki pengaruh peningkatan terhadap hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan peroleh nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,000 atau (0,000 < 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Penggunaan model flipped learning berbasis media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | S1 12209183044 Eka Wulan |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 07:01 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 07:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29994 |
Actions (login required)
View Item |