ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA (FISIKA) DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII MTS AL MUSLIHUUN TLOGO BLITAR DITINJAU BERDASARKAN JENIS KELAMIN

MOH. AZIZ BURHANI, 12211183026 (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP IPA (FISIKA) DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII MTS AL MUSLIHUUN TLOGO BLITAR DITINJAU BERDASARKAN JENIS KELAMIN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Moh. Aziz Burhani, NIM. 12211183026. “Analisis Pemahaman Konsep IPA (Fisika) Dalam Menyelesaikan Soal Materi Suhu dan Perubahannya di Kelas VII MTs Al Muslihuun Tlogo Blitar Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin”. Skripsi, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tasbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Mumahmmad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Menyelesaikan Soal, Suhu dan Perubahannya, Jenis Kelamin. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pemahaman konsep siswa untuk dapat menyelesaikan soal IPA (fisika) dengan menyampaikan ulang konsep yang telah dipelajari, selanjutnya dengan adanya kebijakan pemisahan kelas berdasarkan jenis kelamin. Dari fenomena tersebut setiap siswa laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang berbeda, untuk itu fokus penelitan ini adalah bagaimana pemahaman konsep IPA (fisika) peserta didik dalam menyelesaikan soal materi suhu dan perubahannya di kelas VII MTs Al Muslihuun Tlogo Blitar ditinjau berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dimana pada penelitian ini menggunakan 3 aspek yaitu aspek terjemahan, aspek interpretasi dan aspek ekstrapolasi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Muslihuun Tlogo Blitar dengan mengambil 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan data hasil tes soal dan data wawancara dengan siswa. Analisis yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) siswa laki-laki lebih rendah daripada siswa perempuan dalam hal menerjemahkan konsep dan menginterpretasikan konsep, namun dalam hal ekstrapolasi konsep siswa laki-laki lebih unggul daripada siswa perempuan dimana sudah mampu menggambarkan, memprediksi akibat yang akan terjadi dengan baik. (2) siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki dalam hal menerjemahkan konsep dan menginterpretasikan konsep dengan memberikan simpulan, sedangkan dalam hal ekstrapolasi konsep kurang mampu menggambarkan, memprediksi akibat yang akan terjadi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Fisika terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Moh. Aziz Burhani
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:25
Last Modified: 25 Aug 2022 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30000

Actions (login required)

View Item View Item