ANALISIS LANGKAH SELF HEALING PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA LINGKARAN KELAS XI MIPA DI SMAN 1 BOYOLANGU

CHANIA ZALFA ANJANI LESTARI, 12204183205 (2022) ANALISIS LANGKAH SELF HEALING PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA LINGKARAN KELAS XI MIPA DI SMAN 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (14MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Langkah Self Healing Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Lingkaran Kelas XI MIPA di SMAN 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Chania Zalfa Anjani Lestari, NIM 12204183205, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci : Self Healing, Masalah Matematika, Koneksi Matematis, Lingkaran Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sering berubahnya pembelajaran antara offline dan online. Perubahan pembelajaran, rencana belajar peserta didik juga otomatis ikut berubah juga. Perubahan ini menjadikan peserta didik Matematika menjadi mata pelajaran yang sedikit peminat, banyak yang tidak menyukainya. Banyak yang kebingungan mengaitkan rumus satu dengan rumus yang lain. Peserta didik juga kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan. Apabila dirasakan, manusia akan menemui setiap harinya dengan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah self healing peserta didik dengan kemampuan matematis tingkat rendah, sedang dan tinggi dalam memecahkan masalah lingkaran pada peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Boyolangu. Pendekatan kualitatif dari penelitian digunakan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan koneksi matematis, wawancara, dan dokumentasi. Rata-rata nilai siswa kelas XI digunakan untuk pengambilan subjek. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik yang terdiri dari 2 peserta didik dengan kemampuan tingkat rendah, 2 peserta didik dengan kemampuan tingkat sedang dan 2 peserta didik dengan kemampuan tingkat tinggi. Tes kemampuan koneksi matematis materi lingkaran dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang kemampuan koneksi matematis dalam memecahkan masalah matematika. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian langkah self healing peserta didik dengan kemampuan matematis tingkat rendah, sedang dan tinggi dalam memecahkan masalah lingkaran pada peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Boyolangu sebagai berikut : (1) Langkah self healing untuk mengatasi ketidakmampuan peserta didik dengan kemampuan rendah dengan melupakan hal yang sudah terjadi dan mengambil ketenangan diri dengan melakukan hal yang lain tanpa adanya terlintas di pikiran mengenai hal tersebut yang sebelumnya sudah mengganggu pikirannya. (2) Langkah self healing dalam mengatasi ketidakmampuan peserta didik dengan kemampuan sedang dengan menenangkan diri melakukan hal yang lain tetapi masih terlintas di pikiran mengenai hal tersebut yang sebelumnya sudah mengganggu pikirannya. (3) Pada peserta didik dengan kemampuan matematika tingkat tinggi banyak yang menyatukan self healing dari kemampuan tingkat rendah dan tingkat sedang tanpa adanya pikiran berlebih karena materi digunakan untuk diskusi bersama dengan mendengarkan music sebagai backsound diskusi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Matematika > Bangun Datar
Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Covid-19
Pendidikan > Daring
Pendidikan > EQ
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Fasilitas Belajar
Filsafat > Filsafat Pendidikan
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Kesejahteraan Sosial
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Luring
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Media Pembelajaran
Media Sosial
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pandemi
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Prestasi Belajar
Psikologi > Psikologi kepribadian
Psikologi > Psikologi pendidikan
Psikologi > Psikologi sosial
Bahasa Dan Sastra > Reading
Pendidikan > Reward dan Punishment
Matematika > Ruang
Bahasa Dan Sastra > Sastra
Bimbingan dan Konseling Islam > Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi
Sosiologi Pendidikan Islam
Bahasa Dan Sastra > Speaking
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan > Sumber Belajar
Bahasa Dan Sastra > Writing
Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183205 CHANIA ZALFA ANJANI LESTARI
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:25
Last Modified: 02 Sep 2022 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30028

Actions (login required)

View Item View Item