PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK BERBASIS AYAT-AYAT Al- QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK

EVA'ATUSSALAMAH, 12505194028 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK BERBASIS AYAT-AYAT Al- QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MI AL-HIDAYAH 02 BETAK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan E-modul Tematik Berbasis Ayat-ayat Al- Qur’an dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MI Al- Hidayah 02 Betak” ini ditulis oleh Eva’atussalamah dengan Promotor Prof. Dr. Elfi Muawanah, S.Ag., M.Pd. dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd Kata Kunci: Pengembangan, Media E-modul,Tematik Berbasis Ayat-ayat Al- Qur’an. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya keefektivitasan buku tematik dari pemerintah yang diajarkan di Sekolah Dasar saat ini serta terbatasnya media pembelajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dari rumah selama pandemi covid-19. Maka dari itu dibutuhkan sebuah inovasi media pembelajaran berbentuk IT yang dapat membantu belajar peseta didik selama masa pandemi covid-19 serta meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana desain pengembangan e-modul tematik berbasis ayat-ayat Al- Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar peseta didik di Madrasah Ibtdaiyah Al- Hidayah 02 Betak. (2) Adakah efektivitas penggunaan e- modul tematik berbasis ayat-ayat Al-Qur’an pada Semester I kelas V yang dikembangkan terhadap hasil belajar peseta didik selama pandemi covid-19 di Madrasah Ibtdaiyah Al- Hidayah 02 Betak. (3) Bagaimana pengaruh penggunaan media e-modul tematik berbasis ayat-ayat Al- Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar peseta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) adaptasi dari model Borg & Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahapan yaitu potensi dan masalah; mengumpulan data dan informasi; desain produk; validasi desain; revisi desain; uji coba lapangan; dan revisi produk. Pengembangan media ini dilakukan dengan tujuan: (1) Untuk menghasilkan suatu produk e-modul tematik berbasis ayat-ayat Al-Qur’an” untuk kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah yang layak menurut ahli media, ahli materi, dan layak menurut pengguna (guru) . (2) Untuk memaparkan efektivitas media e-modul tematik berbasis ayat-ayat Al- Qur’an.(3) Untuk memaparkan pengaruh e-modul tematik berbasis ayat-ayat Al- Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil Penelitian dan pengembangan diperoleh : (1) menghasilkan produk media e-modul tematik berbasis ayat-ayat Al- Qur’an dilengkapi dengan ayat-ayat Al- Qur’an yang berkaitan dengan materi, di lengkapi video pembelajaran dengan ilustrasi gambar, dan soal latihan. (2) Hasil uji validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 88,78%. Hasil uji validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 96,27%. Hasil analisis data uji lapangan oleh guru pengampu memperoleh skor rata-rata 90,65%. Hasil uji coba lapangan terhadap peserta didik memperoleh skor rata-rata 90%. Kesemuanya menunjukkan hasil yang positif sehingga dapat disimpulkan bahwa media e-modul berbasis ayat-ayat Al- Qur’an layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Hasil analisis data uji-t menggunakan SPSS 22.0 for Windows menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media e-modul tematik berbasis ayat-ayat Al- Qur’an. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar antara siswa kelas V-B yang menggunakan media e-modul tematik berbasis ayat-ayat Al- Qur’an dengan siswa kelas V-A yang tidak menggunakan media e-modul tematik berbasis ayat-ayat Al- Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al- Hidayah 2 Betak

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: M.Pd 12505194028 Eva'atussalamah
Date Deposited: 24 Aug 2022 08:06
Last Modified: 24 Aug 2022 08:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30030

Actions (login required)

View Item View Item