PERAN GURU PENDIDIKAN agama islam dalam peningkatan akhlak siswa(Studi Multi Situs di SMPN I Boyolangu dan SMPN II Campurdarat Tulungagung)

yoga hadi nugraha, 2846134053 (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN agama islam dalam peningkatan akhlak siswa(Studi Multi Situs di SMPN I Boyolangu dan SMPN II Campurdarat Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (68kB)
[img] Text
BAB III,.doc

Download (87kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV, new.docx

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (107kB)
[img] Text
BAB VI.doc

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKANnew.doc

Download (44kB)
[img] Text
Lampiran 1.doc

Download (28kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (42kB)
[img] Text
EXECUTIVE SUMMARY, YOGA HADI NUGRAHA.doc

Download (1MB)
[img] Text
COVER CS.doc

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nugraha, Yoga Hadi. 2015. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Akhlak Siswa (Studi Multi Situs di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. As’aril Muhajir, M.Ag dan 2) Dr. H. Zen Amiruddin, M.Si Kata Kunci: Gurun, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh peran guru dalam meningkatkan akhlak siswa yang dilakukan melalui memberikan bimbingan, pengawasan dan pengajaran akhlak pada siswa sangat diharuskan untuk segera diimplementasikan. Tujuannya supaya siswa bisa membedakan mana akhlak yang baik dan mana akhlak yang buruk. Dengan demikian siswa akan paham dan mengerti bahwa perbuatan yang baiklah yang harus mereka kerjakan. Akhlak merupakan mutiara hidup yang membedakan makhluk manusia dengan makhluk lainnya, seandainya manusia tanpa akhlak, maka akan hilang derajat kemanusiaannya. Dengan demikian peningkatan akhlak merupakan suatu misi yang paling utama yang harus dilakukan oleh guru terhadap akhlak anak didik, guru merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan terkait erat dengan proses pembinaan akhlakul karimah siswa. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam meningkatkan akhlak siswa di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat Tulungagung? 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan akhlak siswa di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat Tulungagung? 3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam meningkatkan akhlak siswa di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam meningkatkan akhlak siswa di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan akhlak siswa di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam meningkatkan akhlak siswa di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam meningkatkan akhlak siswa di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat Tulungagung dengan jalan mengajarkan: a) akhlak kepada sesamanya, (1) penanaman kebiasaan siswa untuk berakhlak mulia, (2) penanaman pada siswa untuk saling memaafkan, (3) penanaman kebiasaan siswa untuk saling menolong, d) penerapan kebiasaan siswa dengan saling mengasihi dan menyanyangi, b) Akhlak kepada Allah yaitu (1) senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah, (2) guru mengajarkan tentang sabar, (3) guru mengajarkan pada siswa tentang tawakal yang benar, (4) guru mengajarkan bersyukur kepada Allah. c) Akhlak kepada orang tua yaitu (1) guru mengajarkan pada siswa dengan diajak untuk berbuat baik pada orang tua, (2) guru mengajarkan pada siswa tentang mendoakan kedua orang tua, apakah mereka masih hidup ataupun sudah mati, (3) guru mengajarkan pada siswa tentang bertutur kata yang lembut dan mentaati perintah orang tua. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan akhlak siswa di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat Tulungagung dengan jalan memberikan motivasi yaitu: a) Akhlak kepada sesamanya yaitu: (1) guru memotivasi untuk berakhlak mulia dengan saling menghormati sesama, dan anak-anak diberi arahan jangan sampai suka mengolok-ngolok teman, (2) guru memberi motivasi untuk saling memaafkan, (3) guru memotivasi siswa untuk saling mengasihi sesama, (4) guru selalu memberi motivasi pada siswa untuk berakhlak yang baik, b) Akhlak kepada Allah, (1) Guru memotivasi siswa menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan Allah SWT. (2) Guru memberi motivasi agar sabar selalu ada dalam diri siswa, karena Allah akan selalu bersamanya dan menolong disetiap kesulitan-kesulitan yang datang. (3) Guru memotivasi pada siswa tentang tawakal yang benar, (4) Guru memotivasi siswa bersyukur kepada Allah memberitahukan hikmah bersyukur, c) Akhlak kepada orang tua yaitu (1) Guru memotivasi siswa agar berperilaku baik dengan kedua orang tua, (2) Guru memotivasi siswa agar mendoakan kedua orang tua, (3) Guru memotivasi siswa dengan bertutur kata yang lembut dan dilarang untuk menyakiti hati kedua orang tuanya, dan selalu menyenangkan hatinya, (4) Guru mengajarkan pada siswa yaitu mentaati orang tua dan berbuat baik kepadanya. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pemimpin dalam meningkatkan akhlak siswa di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Campurdarat Tulungagung dengan jalan memimpin siswa untuk yaitu a) Akhlak kepada sesamanya yaitu: (1) guru sebagai pemimpin menganjurkan untuk saling menghormati sesama teman,(2) Guru menganjurkan untuk meminta maaf dan saling memaafkan,(3) guru menganjurkan pada siswa untuk berakhlak mulia, (4) guru menganjurkan untuk menerapkan kebiasaan siswa yang berakhlak mulia, (5) guru mengutamakan pembentukan akhlakul karimah pada siswa dengan diawali pembiasaan-pembiasaan, b) Akhlak kepada Allah yaitu: (1) Guru menganjurkan pada siswa untuk senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, (2) Guru mengajarkan tentang sabar, (3) guru menganjurkan pada siswa untuk menyerahkan diri kepada Allah sesudah berusaha, (4) guru menganjurkan bersyukur kepada Allah, c) Akhlak kepada orang tua yaitu (1) guru menganjurkan pada siswa untuk berperilaku baik dengan kedua orang tua, (2) guru menganjurkan pada siswa untuk mendoakan kedua orang tua, (3) guru menganjurkan pada siswa tentang bertutur kata yang lembut dan dilarang untuk menyakiti hati kedua orang tuanya, dan selalu menyenangkan hatinya. (4) Guru menganjurkan pada siswa yaitu mentaati orang tua dengan jika dipanggil orang tua segera datang dan segera menyaut, jika suruh cepat dilaksanakan agar orang tua hatinya senang, apabila disuruh melakukan tindak yang menyeleweng dari syariat tidak dilaksanakan, namun tetap berbuat baik kepadanya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mpdi 2846134053 yoga hadi nugraha
Date Deposited: 16 Dec 2015 07:35
Last Modified: 16 Dec 2015 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item View Item