PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DURENAN TRENGALEK

Resma Selvia Nurviyantati, 3214113137 (2015) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DURENAN TRENGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL-ABSTRAK.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Resma Selvia Nurviyantati, 3214113137, 2015. Perbedaan Metode Pembelajaran Mind Mapping dengan Menggunakan Media Power Point dan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan Trenggalek. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulunggaung. Pembimbing: Indah Khomsiyah, S.Ag, M.Pd Kata Kunci: Mind Mapping, Media Power Point, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh upaya guru sebagai pendidik dalam pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Oleh karena, itu, dibutuhkan inovasi-inovasi baru bagi guru dalam hal pengajaran. Sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat lebih bermakna. Namun pada kenyataannya banyak guru yang telah puas dengan metode mengajar yang biasa dilakukannya. Sehingga mereka merasa tidak perlu untuk melakukan inovasi-inovasi baru dalam pengajaran. Hal demikianlah yang menyebabkan pendidikan di Indonesia kurang berkembang. Sehubungan dengan hal di atas, peneliti ingin mengemukakan mengenai salah satu inovasi dalam pembelajaran yang efektif dan dapat mencerdaskan siswa. Inovasi tersebut adalah metode pembelajarn mind mapping. Metode pembelajaran mind mapping ini akan lebih bermakna apabila didukung dengan menggunakan media power point yang dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Variable bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point, sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H dan VIII I yang berjumlah 62 siswa. Penelitian ini dilaksanakandi SMP Negeri 1 Durenna Trenggalek tanggal 18 April sampai 9 Mei 2015. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah teknik tes hasil belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan metode di atas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan t-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu normlitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis dapat dikatakan bahwa ada pengaruh signifikan metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negri 1 Durenan Trenggalek. Hal tersebut dapat dpat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai t_hitung=6.22, kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai t_tabel=2.00 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian t_hitung>t_tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point dengan pembelajaran konvensional. Sedangkan besarnya pengaruh metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan Trenggalek sebesar 18.72% dengan rata-rata kelas VIII H sebagai kelas eksperimen 78.38 dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol 63.7. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa “Ada perbedaan metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point dan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Durenan Trenggalek, dengan besar pengaruh 18.72%. Saran yang digali dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru, hendaknya memperkaya wawasan tentang bermacam-macam metode pembelajaran, cara-cara menerapkan dan mengembangkannya bagi peserta didik. Sehingga mampu menciptakan pembelajaran matematika yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan dan hendaknya dapat mempelajari metode pembelajaran mind mapping dengan menggunakan media power point dan kemudian mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.(2) Bagi siswa, siswa sebagai generasi penerus hendaknya mau dan mampu meningkatkan belajarnya demi mencapai prestasi belajar yang maksimal dan hendaknya selalu aktif dan disiplin dalam belajar agar apa yang dipelajari dapat bermanfaat bagi dirinya dan orang-orang disekitarnya. (3) Bagi peneliti lain,diharapkan dapat mengembangkan pengetahuannya yang berkaitan dengan belajar siswa. Sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Serta agar karya ini bisa dijadikan referensi untukmenambah pengalaman dan wawasan baik dalam penelitian pendidikan maupun penulisan karya ilmiah. (4) Bagi sekolah, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan pijakan untuk menentukan kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: RESMA 3214113137 RESMA SELVIA
Date Deposited: 17 Dec 2015 04:01
Last Modified: 17 Dec 2015 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3015

Actions (login required)

View Item View Item