PENGARUH MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII DI MTS DARUL FALAH TULUNGAGUNG

YUNI RAHMAWATI, 12204183288 (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII DI MTS DARUL FALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Motivasi dan Pemahaman Konseptual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Kelas VII di MTs Darul Falah” ditulis oleh Yuni Rahmawati, NIM 12204183288, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbing: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si Kata Kunci: Motivasi, Pemahaman Konseptual, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Matematika. Hal tersebut dipengaruhi motivasi siswa serta pemahaman konseptual dalam mengikuti pembelajaran. Poses pembelajaran yang masih menekan pada proses penyampaian ilmu yang dimiliki guru kepada siswa tanpa ditelaah secara mendalam membuat sehingga belum memahami konsep dari materi pelajaran yang berikan. Proses pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai objek belajar dimana guru lebih aktif memberikan konsep-konsep secara langsung kepada siswa dibanding dengan siswa yang menemukan konsep itu sendiri dengan cara melatih proses penalaran meraka yang dapat berpengaruh pada tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon? (2) Apakah ada pengaruh pemahaman konseptual terhadap hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon? (3) Apakah ada pengaruh motivasi dan pemahaman konseptual terhadap hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon? Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan D yang burjamlah 63 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel motivasi terhadap variabel hasil belajar siswa pada materi perbandingan di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemahaman konseptual terhadap hasil Belajar siswa pada materi perbandingan di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon. (3) Terdapat pengaruh antara variabel motivasi dan pemahaman konseptual terhadap hasil belajar siswa pada materi perbandingan di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183288 YUNI RAHMAWATI
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:31
Last Modified: 02 Sep 2022 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30175

Actions (login required)

View Item View Item