HILDA CHAMELIA, 12401173472 (2022) STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER VALUE DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS PADA BMT MUAMALAH DAN BMT ISTIQOMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Relationship Marketing dan Costumer Value dalam Menciptakan Loyalitas di BMT Muamalah dan BMT Istiqomah” ini ditulis oleh Hilda Chamelia, NIM 12401173472, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ahmad Budiman, M.S.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi dimana strategi relationship marketing dan costumer value digunakan dalam mempertahankan pelanggan baik di BMT Mumalah ataupun BMT Istiqomah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimanaa strategi relationship marketing pada BMT Muamalah dan BMT Istiqomah dalam menciptakan loyalitas anggota? 2) Bagaimana strategi costumer value di BMT Muamalah dan BMT Istiqomah dalam Menciptakan Loyalitas anggota? 3) Bagaimana kendala dan solusi relationship marketing BMT Muamalah dan BMT Istiqomah dalam Menciptakan Loyalitas anggota? 4) Bagaimana kendala dan solusi costumer value BMT Muamalah dan BMT Istiqomah dalam Menciptakan Loyalitas anggota? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan strategi relationship marketing dan costumer value serta kendala dan solusi penerapan strategi relationship marketing dan costumer value di BMT Muamalah dan BMT Istiqomah.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer informan dari objek penelitian dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing BMT sudah menerapkan strategi relationship marketing meskipun belum keseluruhan dikatakan berhasil. Yang mana hal tersebut direalisasikan dalam bentuk komunikasi yang baik dan peningkatan pelayanan. 2) Penerapan strategi costumer value sudah diterapkan di masing-masing BMT seperti halnya melalui harga produk dan kualitas produk. 3) Kendala dan solusi dalam penerapan relationship marketing yakni kesulitan dalam menumbuhkan kepercayaan dan meyakinkan anggota terkait produk BMT. Dan hal tersebut dapat diatasi dengan evaluasi pengembangan dan kualitas dari masing-masing BMT. 4) Kendala dan solusi dalam penerapan costumer value yakni kurangnya nilai ekonomis, pembeda, dan pengembangan merk. Dan solusi untuk hal tersebut dengan evaluasi dan inovasi dari segi produk dan nilai guna dari pelayanan yang diberikan masing-masing BMT. Kata Kunci: Strategi Relationship Marketing, Costumer Value, Loyalitas
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Customer Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | S1 12401173472 HILDA CHAMELIA |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 07:55 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 07:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30207 |
Actions (login required)
View Item |