MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN MEDIA EKSTERNAL UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI LEMBAGA (Studi Multisitus di MAN Tulungagung 1 dan MAN Tulungagung 2)

CHOIRUN NIKMAH, 17501164005 (2018) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN MEDIA EKSTERNAL UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI LEMBAGA (Studi Multisitus di MAN Tulungagung 1 dan MAN Tulungagung 2). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Penggunaan Media Eksternal untuk Meningkatkan Reputasi Lembaga Pendidikan (Studi Multi Situs di MAN Tulungagung 1 dan MAN Tulungagung 2)” ini ditulis oleh Choirun Nikmah dengan bimbingan oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag dan Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Humas, Media Eksternal, Reputasi Humas adalah pintu penghubung antara masyarakat dengan lembaga, dalam aktivitas kehumasan, besarnya publik yang dimiliki memaksa humas untuk memanfaatkan berbagai media saluran dalam proses komunikasi. Media tersebut dianggap menjadi sumber informasi utama bagi masyarakat. Mulai dari informasi yang bersifat menghibur, mendidik, dan informatif atau mengabarkan suatu peristiwa. Media memiliki kekuatan dapat menyalurkan isi pesan dengan serentak pada khalayak sehingga media menjadi sarana untuk menyampaikan informasi terutama informasi positif guna publikasi reputasi lembaga. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini terfokus pada manajerial humas dalam meningkatkan reputasi lembaga dengan pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana perencanaan humas dalam penggunaan media eksternal untuk meningkatkan reputasi lembaga di MAN Tulungagung 1 dan MAN Tulungagung 2?; (2) Bagaimana pelaksanaan humas dalam penggunaan media eksternal untuk meningkatkan reputasi lembaga di MAN Tulungagung 1 dan MAN Tulungagung 2?; (3) Bagaimana pengawasan humas dalam penggunaan media eksternal untuk meningkatkan reputasi lembaga di MAN Tulungagung 1 dan MAN Tulungagung 2?. Berdasarkan pertanyaan penelitian tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan humas dalam penggunaan media eksternal untuk meningkatkan reputasi lembaga di MAN Tulungagung 1 dan MAN Tulungagung 2; (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan humas dalam penggunaan media eksternal untuk meningkatkan reputasi lembaga di MAN Tulungagung 1 dan MAN Tulungagung 2; (3) Untuk mendeskripsikan pengawasan humas dalam penggunaan media eksternal untuk meningkatkan reputasi lembaga di MAN Tulungagung 1 dan MAN Tulungagung 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan dua tahap yakni analisis situs tunggal dan analisis lintas situs menggunakan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, berkonsultasi dengan orang yang berkompeten dibidang kajian yang peneliti kerjakan dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan humas dalam penggunaan media eksternal untuk meningkatkan reputasi lembaga bisa dilakukan melalui komunikasi yang dilakukan secara baik, artinya saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara komunikator dan komunikan dengan harapan hasilnya sesuai dengan harapan dari respon yang diterima, memperlibatkan secara langsung berbagai pihak yang berkaitan dengan lembaga baik dari tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan, peserta didik, wali murid, alumni, serta stakeholder lainnya dan memaksimalkan penggunaan media; (2) Pelaksanaan humas dalam penggunaan media eksternal untuk meningkatkan reputasi lembaga adalah melalui hubungan kerjasama dalam hal yang mendidik antara guru dan orang tua, antara instansi lain baik negeri maupun swasta, kerjasama lembaga dengan lembaga lain yang berkaitan dengan perbaikan dan perkembangan pendidikan serta aling membina dan mengembangkan kebudayaan masyarakat tempat lembaga itu berada; (3) Pengawasan humas dalam penggunaan media eksternal untuk meningkatkan reputasi akan tercapai manakala dilaksanakan secara obyektif dengan suasana yang terbuka, harmonis, serta menerima kritik/saran guna pengembangan lembaga. Pengawasan dan evaluasi penting dilakukan dalam upaya untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya bagi suatu lembaga pendidikan. Hal yang demikian tentu akan menjadi efisien, efektif dan bermanfaat apabila pengawasan maupun evaluasi terhadap program dilaksanakan kaitan dengan opini publik dalam menentukan arah jawabannya akan suatu lembaga pendidikan yang ada di sekitarnya, kemudian ditindaklanjuti dengan program-program baru yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17501164005 CHOIRUN NIKMAH
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:24
Last Modified: 29 Aug 2022 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30252

Actions (login required)

View Item View Item