PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMP AL- IKHLAS TAROKAN KEDIRI

ABDUL ROVI’I, 12211183062 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMP AL- IKHLAS TAROKAN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII SMP Al- Ikhlas Tarokan Kediri” ditulis oleh Abdul Rovi’i, NIM. 12211183062, Program Studi Tadris Fisika dengan dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL), motivasi belajar, Hasil Belajar, cahaya dan alat optik. Penelitian ini berlatar belakang pembelajaran di SMP Al-Ikhlas Tarokan Kediri yang masih cenderung menghafal contoh yang diberikan guru tanpa terjadi pembentukan konsep yang benar pada struktur kognitif siswa. Hal ini membuat siswa merasa pembelajaran terasa sulit serta tidak bermanfaat sehingga menyebabkan rendahnya tingkat motivasi belajar dan Hasil Belajar siswa di SMP Al-Ikhlas Tarokan Kediri. Peneliti berupaya berinovasi dengan pembelajaran CTL yang mana pembelajaran tersebut mengaitkan konsep materi dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini antara lain 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap motivasi belajar, 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap Hasil Belajar, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap motivasi dan Hasil Belajar siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Al￾Ikhlas Tarokan Kediri, dengan sampel penelitian kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol. Teknik samping yang digunakan ilah purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data berupa angket motivasi dan soal Hasil Belajar. Analisis data yang digunakan antara lain 1) uji instrumen berupa validitas dan reliabilitas, 2) uji prasyarat berupa uji homogenitas dan normalitas, 3) uji hipotesis berupa uji t sampel bebas, uji t sampel tak bebas, dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini antara lain 1) Taraf sig. uji t sampel bebas= 0,000 < 0,05, Taraf sig. uji MANOVA= 0,030 < 0,05. dengan nilai thitung ttabel yakni 8.166 > 2,015 menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap motivasi siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII SMP Al- Ikhlas Tarokan Kediri dengan nilai R Square sebesar 0,602 atau 60,2%. 2) Taraf sig. uji t sampel tak bebas dan Uji Manova = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung ttabel yakni -7,103 > 2,068 menunjukkan hasil terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap Hasil Belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII SMP Al- Ikhlas Tarokan Kediri dengan nilai R Square sebesar 0,279 atau 27,9%. 3) Taraf sig (2.tailed) uji MANOVA= 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung> Ftabel = 35,196 > 4.07 menunjukkan hasil terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap motivasi dan Hasil Belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik kelas VIII SMP Al- Ikhlas Tarokan Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183062 Abdul
Date Deposited: 08 Sep 2022 08:54
Last Modified: 08 Sep 2022 08:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30335

Actions (login required)

View Item View Item