SRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 4 TULUNGAGUNG

SIROJUDDIN, 12201183093 (2022) SRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (639kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi guru Fiqih dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta didik di MTsN 4 Tulungangung” ini di tulis oleh SIROJUDDIN, NIM. 12201183093, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru Fiqih, Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh standar isi Madrasah Tsanawiyah yang dikeluarkan oleh Departemen Agama Republik Indonesia bahwa materi yang diajarkan pada tingkat Madrasah Tsanawiyah untuk mata pelajaran Fiqih meliputi: Thaharah, Wudhu, Salat, Zakat, Puasa, Haji serta kegiatan muamalah, dengan menitik beratkan pada kemampuan menggali nilai, makna apa yang terkandung dalam dalil dan teori dari fakta yang ada. Beberapa penelitian mengatakan terdapat beberapa kelemahan dalam pembelajaran Fiqih antara lain: Perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang kurang matang, dan lemahnya sumber daya guru dalam pengembangan pendekatan dan metode yang lebih variatif, serta kurangnya sarana pelatihan dan pengembangan. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Maka dari itu Guru Fiqih tidak hanya sekedar transfer ilmu saja tetapi juga harus dapat membuat strategi perencanaan proses pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik, menerapkan nilai-nilai ibadah sehari-hari, sehingga guru dituntut harus mampu memilih berbagai macam strategi pembelajaran yang tepat, Metode yang sesuai, serta didukung kompetensi yang unggul, dengan demikian tujuan dalam meningkatkan kualitas belajar siswa dapat tercapai. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi Guru Fiqih dalam pengorganisasian meniingkatkan kualitas belajar peserta didik di MTsN 4 Tulungagung ? (2) Bagaimana strategi Guru Fiqih dalam Penyampaian Proses pembelajaran peserta didik di MTsN 4 Tulungagung (3) Bagaimana strategi Guru Fiqih dalam pengelolaan kualitas belajar peserta didik di MTsN 4 Tulungagung ? (4) Bagaimana hasil strategi Guru Fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik di MTsN 4 Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi berperan serta, wawancara mendalam serta studi dokumentasi. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Adapun untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan model triangulasi sumber dan juga triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini bahwa: (1) Strategi guru fiqih dalam pengorganisasian meningkatkan kualitas belajar peserta didik di MTsN 4 Tulungagung adalah dengan Perencanaan proses pelajaran dengan cara menyusun dan engembangkan RPP,Megadakan forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) setiap seminggu sekali se Kabupaten Tulungagung dalam rangka pengembangan materi pembelajaran. Memilih strategi pembelajaran berdasarkan situasi dan kondisi peserta didik dengan mempertimbangkan waktu yang telah dimiliki, materi yang akan di sampaikan, serta lingkungan kelas dan karakteristik siswa. (2) Penyampaian materi menggunakan metode yang bervariasi dengan menggunakan strategi ekspositori, kooperatif, afektif, E-learning dan praktek dalam kegiatan pembelajaran. Strategi penyampaian proses pembelajaran berdasakan 3 hal yaitu: minat anak, kesiapan anak, serta sikologi dan emosional anak. Penyampaikan Guru Fiqih harus memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Penyampaian materi menggunakan media pembelajaran laptop dan android untuk peserta didik sebagai penunjang literasi membaca. (3) Strategi pengelolaan di kelas dengan memberikan motivasi dan semangat dalam setiap pembelajaran agar tidak membosankan bagi peserta didik dengan cara memberikan hadiah bagi yang bertanya dan menjawab serta strategi pengelolaan di kelas dengan memperbanyak interaksi dengan peserta didik dengan sabar dan tekun. (4) Hasil strategi Guru Fiqih dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTsN 4 Tulungagung yaitu peserta didik mulai lebih taat menerapkan pembelajaran fiqih dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik lebih semangat dalam proses pembelajaran fiqih di kelas. Peserta didik mendapatkan nilai yang memuaskan mulai dari nilai sikap dan pengetahuan. Peserta didik mulai rajin mengerjakan sholat duhur tanpa di suruh dan yang sering tidak mengerjakan dan mengumpulkan tugas menjadi lebih disiplin, dan Peserta didik mendapatkan tambahan kualitas hafalan ayat- ayat Al- Qur’an dan hadits.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183093 SIROJUDDIN
Date Deposited: 09 Sep 2022 07:07
Last Modified: 09 Sep 2022 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30364

Actions (login required)

View Item View Item