استخدام كتاب أمثلتي في تعليم مهارة القراءة بمعهد الأزهر كدونج وارو تولونج أجونج

RIF'A AYYUMAL MUNA, 12504194004 (2022) استخدام كتاب أمثلتي في تعليم مهارة القراءة بمعهد الأزهر كدونج وارو تولونج أجونج. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penggunaan Kitab Amtsilati Dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah Di Pondok Pesantren Al-Azhaar Tulungagung” ditulis oleh Rif’a ayyumal Muna, NIM 12504194004 dengan pembimbing Dr. Ahmad Nurcholis, S.S., M.Pd. dan Dr. Abad Badruzzaman, Lc. M.Ag. Kata kunci : Penggunaan, Kitab Amtsilati, Pembelajaran, Maharah Qira’ah Keterampilan membaca merupakan salah satu kunci pengajaran bahasa Arab, karena menguatkan keterampilan-keterampilan lain untuk memahami pemahaman bahasa Arab dari segi kosa kata, makna, konteks, struktur, tata bahasa dan sebagainya. Namun pada kenyataannya, membaca teks bahasa Arab bukanlah hal yang mudah dipahami oleh siswa. Menurut beberapa pengamatan dan penelitian terdahulu tentang pembelajaran bahasa Arab, banyak siswa yang telah lulus sekolah masih merasa kesulitan dalam membaca teks-teks bahasa Arab, baik yang ada di buku, surat kabar, majalah, maupun situs web berbahasa Arab, dan sebagainya. Dan jika kita jelaskan secara tepat, kita menemukan bahwa siswa yang merasa kesulitan ketika menghadapi teks bahasa Arab disebabkan karena kurangnya latihan dan penerapan terhadap teks saat belajar. Hal itu ditunjukkan dengan memperhatikan saat pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah : (1) Bagaimana Proses Penggunaan Kitab Amtsilati dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah di Pondok Pesantren Al-Azhaar Tulungagung? (2) Bagaimana Problematika Pembelajaran Maharah Qira’ah dengan menggunakan Kitab Amtsilati dan Solusinya Di Pondok Pesantren Al-Azhaar Tulungagung? (3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Maharah Qira’ah dengan menggunakan Kitab Amtsilati di Pondok Pesantren Al-Azhaar Tulungagung? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan pola penelitian deskriptif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya : indukstif, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa: (1) Proses Penggunaan Kitab Amtsilati dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah Di Pondok Pesantren Al-Azhaar Tulungagung terbagi menjadi tiga langkah Yaitu Proses Pemaparan, Proses Pemahaman, Dan Proses Penerapan. (2) Problematika Pembelajaran Maharah Qira’ah dengan menggunakan Kitab Amtsilati Di Pondok Pesantren Al-Azhaar Tulungagung yaitu dari segi metode, media, dan dari segi siswa. Dari segi media yaitu kurangnya pendidik dan terbatasnya waktu, dari segi metode yaitu kurang efektifnya model pembelajaran klasikal, sedangkan dari siswa yaitu sulitnya menghafal nadzam. Adapun solusi dari problematika tersebut yaitu menyiapkan generasi yang sudah khatam kitab amtsilati, menguatkan pemahaman siswa di waktu luang, mengadakan kelas percepatan, dan memberi waktu khusus membaca untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa. (3) Evaluasi Pembelajaran Maharah Qira’ah dengan menggunakan Kitab Amtsilati Di Pondok Pesantren Al-Azhaar Tulungagung menggunakan ujian lisan dan tulis.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12504194004 Rif'a Ayyumal Muna
Date Deposited: 09 Sep 2022 07:15
Last Modified: 09 Sep 2022 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30367

Actions (login required)

View Item View Item