HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL

AGUS SETIAWAN, 3211103035 (2015) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Final.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Final.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Final.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Final.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Final.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bagian Akhir.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Setiawan, Agus. 2015. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. IAIN Tulungagung. Pembimbing : Dr. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd Kata Kunci : motivasi belajar, minat baca siswa, dan prestasi belajar Penulisan skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya data komparasi Internasional mengenai Human Development Index (HDI), yang menyatakan bahwa HDI Indonesia menduduki peringkat 102 dari 105 dari Negara yang di survai. Hal ini mengindikasikan bahwa pendidikan di Negara kita masih sangat rendah, hal ini disebabkan karena beberapa factor, diantaranya adalah minat baca kita yang masih rendah. UNESCO pada tahun 2012 melaporkan bahwa indeks minat baca warga Indonesia baru mencapai angka 0,001. Artinya dalam setiap 1.000 orang Indonesia, hanya ada satu orang yang memiliki minat baca. Selain minat baca, motivasi juga memiliki peranan yang sangat penting dalam belajar, karena tanpa motivasi yang tinggi seseorang tidak akan bisa mencapai hal yang ia inginkan secara maksimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran secara umum tentang motivasi belajar, minat baca siswa, dan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol?, (2) Apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol?, dan (3) Apakah terdapat hubungan antara minat baca siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol?. Sehingga dengan jelas dapat diketahui tujuan dalam penulisan skripsi ini, yaitu: untuk mengetahui gambaran secara umum mengenai motivasi belajar, minat baca siswa, dan prestasi belajar, mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, dan mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasi diskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 2 Sumbergempol dengan jumlah 248 siswa, sedangkan sampel penelitian sejumlah 72 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode angket/ kuesioner, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan menggunakan uji korelasi non parametric analisis korelasi kendall’s tau dan korelasi spearman. Setelah diadakan pembahasan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Gambaran secara umum tentang motivasi belajar siswa, minat baca siswa, dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol adalah siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, minat baca siswa yang sedang (cukupan), dan prestasi belajar yang baik. Kedua, nilai signifikansi dari korelasi kendall’s tau_b dan spearman’s rho sebesar 0,002 dan 0,003. Karena nilai 0,002<0,003< 0,05, dapat disimpulkan ada hubungan yang berarti antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 sumbergempol. Dan Ketiga, tidak ada hubungan yang berarti antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Kesimpulan ini diperoleh dari output SPSS dengan nilai signifikasnsi dari korelasi kendall’s tau_b dan spearman’s rho sebesar 0,569 dan 0,572. Karena nilai 0,572>0,569>0,05, maka hipotesis kerja ditolak, dan hipotesis nol diterima yang artinya tidak ada hubungan yang berarti antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211103035 AGUS SETIAWAN
Date Deposited: 18 Dec 2015 03:25
Last Modified: 18 Dec 2015 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item