EVI MUFIDAH, 17403163196 (2022) OPTIMALISASI PERHITUNGAN BIAYA SATUAN PENDIDIKAN DENGAN METODE VARIABLE COSTING SEBAGAI PENENTU DANA KEGIATAN STUDI PADA MTS BUSTANUL ULUM BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Optimalisasi Perhitungan Biaya Satuan Pendidikan Dengan Metode Variable Costing Sebagai Penentu Dana Kegiatan Studi Pada Mts Bustanul Ulum Blitar” ini ditulis oleh Evi Mufidah, NIM. 17403163196, pembimbing Dr. H. Mashudi, M.Pd.I Alokasi dana kegiatan studi pada MTs Bustanul Ulum diartikan sebagai penentuan banyaknya dana yang akan dipergunakan oleh madrasah pada waktu yang telah direncakan untuk melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan dalam rangka peningkatan mutu layanan pendidikan. Dana kegiatan tersebut diperoleh dari iuran siswa. Dana iuran tersebut diatur dalam peraturan menteri pendidikan nomor no 44 tahun 2012 dimana dalam 1 tahun maksimal iuran yang dikumpulkan tidak lebih dari 5 milyar dan pengalokasiannya sebesar 20% untuk peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu perhitungan untuk menentukan besaran dana kegiatan studi harus dilakukan secara efektif dan efisien sehingga dapat berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebijakan yang digunakan oleh di MTs Bustanul Ulum dalam penentuan biaya satuan pendidikan, (2) menghitung biaya satuan pendidikan siswa menggunakan metode Variable Costing di MTs Bustanul Ulum Blitar, (3) mendeskripsikan tingkat optimalisasi penentuan dana kegiatan di MTs Bustanul Ulum Blitar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di MTs Bustanul Ulum Blitar. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data wawancara dengan narasumber, dan data sekunder berupa data penggunaan dana kegiatan dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah pada tahun 2019 – 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Dewan Guru, Komite Sekolah, dan Wali Murid MTs Bustanul Ulum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya perhitungan biaya satuan pendidikan untuk menentukan besaran dana studi yang dilakukan MTs Bustanul Ulum Blitar perlu adanya evaluasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dana kegiatan dengan metode Variable Costing pada tahun 2019 mengalami overcosted yang akhirnya menghasilkan tarif dana kegiatan yang dibebankan kepada siswa minus Rp. 1,483 dari tarif yang dianggarkan. Sementara pada tahun 2020 mengalami undercosted yang menghasilkan tarif dana kegiatan yang dibebankan kepada siswa sisa Rp. 1,823 dari tarif yang dianggarkan. Maka perhitungan dana kegiatan studi akan lebih optimal menggunakan metode Variable Costing. Kata Kunci : Biaya Satuan Pendidikan, Variable Costing, Dana Kegiatan Studi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Akuntansi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah |
Depositing User: | S.Akun 17403163196 Evi Mufidah |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 08:55 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 08:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30562 |
Actions (login required)
View Item |