WULAN QUSNA DEWI, 12205173223 (2022) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA DESA BANJAREJO KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (993kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Dewi, Wulan Qusna. 12205173223. 2022. “Analisis Kesulitan Guru Dalam Pelaksanaan Tematik Berbasis Daring Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung “, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M. Psi. Kata Kunci: Kesulitan, Guru, Pembelajaran Tematik, Daring Pembelajaran daring memiliki kekuatan, tantangan, dan hambatan tersendiri, pembelajaran daring sangat dikenal oleh masyarakat dan akademik pendidikan. Pembelajaran daring dapat dilaksanakan pada semua mata pelajaran, pembelajaran daring ini dilakukan ke semua mata pelajaran termasuk pada pembelajaran tematik. Fokus penelitian: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis daring di MI Miftahul Huda? 2) Apa saja kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis daring di MI Miftahul Huda? 3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan pada pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis daring di MI Miftahul Huda? Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan di interprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian didapatkan: Pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis daring di MI Miftahul Huda dilaksanakan secara full. Siswa hanya akan ke sekolah pada hari Sabtu untuk mengambil LKS dan mengumpulkan tugas. Proses pembelajaran daring dalam pembelajaran tematik pendidik berpedoman pada RPP satu lembar yang sudah disesuaikan dengan keadaan pandemi Covid-19 pada saat ini dan disesuaikan dengan kondisi siswa. Kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis daring di MI Miftahul Huda. Pertama, penyampaian materi hanya melalui aplikasi whatsapp karena keterbatasan fasilitas dan pengetahuan mengenai teknologi. Kedua tidak semua siswa mempunyai smartphone karena rata-rata ekonomi siswa adalah menengah kebawah. Ketiga, orangtua tidak bisa mendampingi pada saat proses pembelajaran berlangsung hal ini berimbas pada kurangnya disiplin siswa pada saat pelaksanaan kelas daring (online). Keempat, siswa merasa terbebani terhadap tugas guru karena harus dikumpul pada hari yang sama. Dan yang terakhir adalah mesalah jaringan internet yang tidak stabil. Upaya kepala sekolah dan guru mengatasi kesulitan pembelajaran daring dengan cara memotivasi siswa untuk semangat belajar dan juga menjalin komunikasi dan kerja sama dengan orang tua siswa mengenai pembelajaran dan juga meminta orang tua siswa untuk mendampingi ketika pembelajaran sedang berlangsung agar siswa merasa semangat dan tidak bosan serta mengantuk selama proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173223 WULAN QUSNA DEWI |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 07:52 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 07:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30589 |
Actions (login required)
View Item |