SEFIE HABIBATUN NISA', 12204183292 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG MATERI LINGKARAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (828kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhada Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 8 Tulungagung Materi Lingkaran” ini ditulis oleh Sefie Habibatun Nisa’, dengan NIM. 12204183292, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Blended Learning, Minat Belajar, Prestasi Belajar, Lingkaran. Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih tergolong rendah, apalagi di masa pandemi ini siswa harus melaksanakan pembelajaran dengan pembatasan waktu ataupun pembatasan jumlah siswa. Hal ini mempengaruhi minat dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Oleh karena itu guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan pembelajaran agar tujuan pembelajaran tetap tercapai secara maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran blended learning yakni model pembelajaran yang memadukan pembelajaran secara offline dan online sehingga siswa tidak terbatas waktu dan tempat dalam mempelajari materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar matematika kelas VIII MTsN 8 Tulungagung materi lingkaran, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung materi lingkaran, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung yang berjumlah 156 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII D sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah Uji T dan Uji Manova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung materi lingkaran, dilihat dari hasil uji T yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. (2) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung materi lingkaran, dilihat dari hasil uji T yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001. (3) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung materi lingkaran, dilihat dari hasil uji Manova yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183292 Sefie Habibatun Nisa' |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:04 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30606 |
Actions (login required)
View Item |