STRATEGI PEMASARAN HASIL PRODUKSI CV. BAHARUDIN KONVEKSI TULUNGAGUNG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS

AHMAD AGIZ AZIZ, 17402163299 (2022) STRATEGI PEMASARAN HASIL PRODUKSI CV. BAHARUDIN KONVEKSI TULUNGAGUNG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Hasil Produksi CV. BAHARUDIN Konveksi Tulungagung dalam Menghadapi Persaingan Bisnis” ini ditulis oleh Achmad Agiz Aziz, NIM 17402163299, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya persaingan bisnis serupa yang semakin banyak terjadi dikalangan pembisnis. Salah satunya adalah bisnis konveksi pakaian. Yang mana merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat luas. Dengan adanya persaingan tersebut pembisnis harus dapat memutar otak kembali serta membuat strategi penjualan yang mumpuni agar usaha yang telah dijalankan dapat tetap berkembang dan mempertahankan eksistensinya. Untuk menghadapi persaingan, maka seorang pembisnis perlu melaksanakan usaha kegiatan pemasaran dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat sehingga tujuan dapat dicapai. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mendiskripsikan strategi pemasaran produk (product) pada konveksi CV. Baharudin Konveksi Tulungagung dalam menghadapi persaingan bisnis. 2). Untuk mendiskripsikan kendala dalam menyusun strategi pemasaran menghadapi persaingan bisnisnya. 3). Untuk mendiskripsikan solusi untuk mengatasi kendala-kendala strategi pemasaran menghadapi persaingan bisnisnya. Penenelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber yang digunakan adalah data primer yang didapat dengan wawancara dan observasi serta data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa CV. Baharudin selalu menjaga kualitas produk, dan memberikan pelayanan saat menjual produk maupun setelah membeli produk. Harga yang ditawarkan CV. Baharudin mulai dari harga rendah hingga tinggi sesuai dengan permintaan konsumen. Promosi dilakukan dengan cara Word of Mouth (WoM) atau mengkomunikasikan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan memiliki dua cara saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Kendala yang dihadapi, kekurangan ide, ketidakstabilan bahan baku, biaya yang besar dikeluarkan untuk iklan menjadikan penghambat perusahaan konveksi CV. Baharudin dalam memasarkan produknya, kesulitan dalam mencari pemasok bahan baku kain. Solusi untuk mengatasi kendala dengan berusaha untuk menemukan dan membangun sesuatu citra unik dari produk, mengunakan bahan baku pengganti sesuai dengan target harga jual dengan tetap menjaga kualitas, mengganti cara promosi tersebut menggunakan media sosial whatsapp, instagram, facebook. Kata Kunci: konveksi, persaingan usaha, strategi pemasaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: putra 17402163292 putra
Date Deposited: 24 Sep 2022 04:32
Last Modified: 24 Sep 2022 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30625

Actions (login required)

View Item View Item