PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT ( RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 NGUNUT PADA MATERI KOLOID

DEVI APRILIA RAHMASARI, 12212183048 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT ( RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 NGUNUT PADA MATERI KOLOID. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Ngunut Pada Materi Koloid” ini ditulis oleh Devi Aprilia Rahmasari, NIM. 12212183048, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran REACT, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Koloid Keterampilan proses sains memiliki peran penting dalam proses pemahaman peserta didik. Rendahnya keterampilan proses sains akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Proses mengajar guru pada materi koloid yang bersifat teori dan hafalan masih menggunakan metode ceramah menyebabkan pemahaman peserta didik rendah. Model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering) diimplementasikan sebagai alternatif dalam mengatasi masalah pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid. 2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid. 3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eskperimen semu (Quasi Eksperimental Design) menggunakan desain Non-Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peseta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Ngunut, sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik berjumlah 25 butir pernyataan dan soal tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik berjumlah 25 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran REACT terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid dengan nilai signifikansi sebesar 0,03  0,05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid dengan nilai signifikansi sebesar 0,00  0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran REACT terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid dengan nilai signifikansi sebesar 0,02  0,05 dan 0,00  0,05. Analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183048 Devi Aprilia Rahmasari
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:10
Last Modified: 22 Sep 2022 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30747

Actions (login required)

View Item View Item