DEVI APRILIA RAHMASARI, 12212183048 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT ( RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 NGUNUT PADA MATERI KOLOID. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Ngunut Pada Materi Koloid” ini ditulis oleh Devi Aprilia Rahmasari, NIM. 12212183048, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran REACT, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Koloid Keterampilan proses sains memiliki peran penting dalam proses pemahaman peserta didik. Rendahnya keterampilan proses sains akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Proses mengajar guru pada materi koloid yang bersifat teori dan hafalan masih menggunakan metode ceramah menyebabkan pemahaman peserta didik rendah. Model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering) diimplementasikan sebagai alternatif dalam mengatasi masalah pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid. 2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid. 3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eskperimen semu (Quasi Eksperimental Design) menggunakan desain Non-Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peseta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Ngunut, sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik berjumlah 25 butir pernyataan dan soal tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik berjumlah 25 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran REACT terhadap keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 0,05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran REACT terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Ngunut pada materi koloid dengan nilai signifikansi sebesar 0,02 0,05 dan 0,00 0,05. Analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212183048 Devi Aprilia Rahmasari |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 04:10 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 04:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30747 |
Actions (login required)
View Item |