PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK SMK YPM 5 SUKODONO SIDOARJO

NINDAH LARASATI, 12201183305 (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK SMK YPM 5 SUKODONO SIDOARJO. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.PDF

Download (999kB)
[img] Text
ABSTRAK.PDF

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.PDF

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (263kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Pada Peserta Didik SMK YPM 5 Sukodono Sidoarjo” ini ditulis oleh Nindah Larasati, NIM. 12201183305. Pembimbing Dr. Nurul Hidayat, M.Ag., NIP. 196707151997031002. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Nilai-Nilai Moral, Peserta Didik Moral merupakan suatu perilaku yang ada di diri manusia. Moral yang baik akan menciptakan kondisi lingkungan masyarakat yang adil, aman, tentram, dan harmonis. Upaya penanaman nilai-nilai moral ini membutuhkan peran dari berbagai pihak. Salah satu yang paling berperan ini adalah guru. Guru diharapkan dapat memberikan bimbingan terkait penanaman nilai-nilai moral pada peserta didik baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Guru Pendidikan Agama Islam harus menjadi figur panutan bagi peserta didik, yang mana harus mampu menjadikan dirinya sebagai uswatun hasanah bagi lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, peran guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik kelas XI SMK YPM 5 Sukodono Sidoarjo? (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik kelas XI SMK YPM 5 Sukodono Sidoarjo? (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai transmitter dalam menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik kelas XI SMK YPM 5 Sukodono Sidoarjo?. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui kepercayaan (credibility) meliputi triangulasi yakni (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu), perpanjangan keikutsertaan dan pemiksaan sejawat; keteralihan (transferability); kebergantungan (dependability); dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini yaitu: (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik khususnya kelas XI di SMK YPM Sukodono Sidoarjo diwujudkan dengan guru Pendidikan Agama Islam mengajak dan mendampingi kegiatan sholat berjamaah. Sekolah mengaktifkan kegiatan/program keagamaan yakni khotmil Qur’an, membaca diba’, dan pengajian peringatan hari-hari besar Islam dengan bimbingan dan arahan dari guru-guru termasuk guru Pendidikan Agama Islam. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik khususnya kelas XI di SMK YPM Sukodono Sidoarjo diwujudkan dengan guru Pendidikan Agama Islam memberi nasehat-nasehat sebelum memulai pembelajaran. Selain itu juga diwujudkan dengan memberi teladan sebagai bentuk motivasi dari segi perilaku serta teladan dalam bentuk sederhana seperti saling menyapa anak didiknya saat di luar kelas dan mengucapkan salam saat masuk kelas. (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai transmitter dalam menanamkan nilai-nilai moral pada peserta didik khususnya kelas XI di SMK YPM Sukodono Sidoarjo diwujudkan dengan guru Pendidikan Agama Islam mengajarkan materi Pendidikan Agama Islam tentang toleransi, saling menghargai, dan akhlak terpuji.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Masyarakat Islam
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183305 NINDAH LARASATI
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:04
Last Modified: 22 Sep 2022 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30780

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item