SUCI TRI NOVITASARI, 12211183015 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN KELAS VIII DI MTSN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran Kelas VIII di MTsN 5 Kediri.” Ini ditulis oleh Suci Tri Novitasari, NIM. 12211183015, Program Studi Tadris Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Desyana Olenka Margareta, S.Si. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Getaran. Pemilihan model pembelajaran merupakan salah satu upaya yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kegiatan pembelajaran dikatakan sukses apabila siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang hanya berpusat kepada guru akan menjadikan siswa mudah bosan, sehingga motivasi belajar siswa akan kurang. Hal tersebut juga akan mempengaruhi hasil belajar siswa, dimana dengan kurangnya motivasi belajar siswa berkaitan erat dengan hasil belajar siswa. Untuk itu pemilihan model pembelajaran yang tepat harus diperhatikan oleh seorang guru. Salah satu model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran IPA adalah dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran Inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai subjek pembelajaran, yang berarti setiap peserta didik didorong terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadah motivasi belajar siswa pada materi getaran kelas VIII di MTsN 5 Kediri, 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran kelas VIII di MTsN 5 Kediri, 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi getaran kelas VIII di MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain yang dipilih dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Bentuk desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri dengan jumlah 10 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-H sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen. Jumlah masing – masing kelas adalah 44 sisiwa. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan 3 uji yakni 1) Uji Instrumen (uji Validitas dan Uji Reliabilitas). 2) Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas). 3) Uji Hipotesis ( Uji T dan Manova).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | S1 12211183015 SUCI TRI NOVITASARI |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 01:41 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 01:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30811 |
Actions (login required)
View Item |