PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR, KUALIFIKASI PENDIDIKAN GURU DAN SERTIFIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG

Lailatul Fitria, 2846134016 (2015) PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR, KUALIFIKASI PENDIDIKAN GURU DAN SERTIFIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER CS 2.pdf

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III, new.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV lela.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
profil sekolah.pdf

Download (114kB)

Abstract

Fitria, Lailatul. 2015. Pengaruh Pengalaman Mengajar, Kualifikasi Pendidikan Guru dan Sertifikasi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMAN se-Kabupaten Tulungagung. Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. As’aril Muhajir, M.Ag dan 2) Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Pengalaman Mengajar, Kualifikasi Pendidikan Guru dan Sertifikasi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Prestasi Belajar Siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh guru harus memiliki kualitas yang cukup memadai, karena guru merupakan salah satu komponen mikro sistem pendidikan yang sangat strategis dan banyak mengambil peran dalam proses pendidikan persekolahan. Guru merupakan komponen pendidikan yang sangat dominan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini disebabkan oleh karena guru adalah orang yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran di sekolah. Agar proses peelajaran berkualitas maka guru-gurunya juga harus berkualitas dan profesional. pengalaman mengajar yang ditempuh guru, siswa akan lebih termotivasi untuk lebih giat belajar, dan dengan kualifikasi pendidikan guru yang tinggi khususnya guru PAI akan membentuk dorongan yang kuat dari siswa untuk belajar lebih giat dan prestasi belajar siswanya juga semakin membaik, selanjutnya dengan guru bersertifikasi menjadikan guru semakin meningkat kompetensinya. Prestasi belajar yang ada pada siswa harus selalu diasah dan dikembangkan sesuai dengan kompetensi yang ada pada diri siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Seberapa besar pengaruh yang signifikan antara pengalaman mengajar guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung? 2) Seberapa besar pengaruh yang signifikan antara kualifikasi pendidikan guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung? 3) Seberapa besar pengaruh yang signifikan antara sertifikasi guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung? 4) Seberapa besar pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara pengalaman mengajar, kualifikasi pendidikan guru dan sertifikasi guru PAI prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang signifikan antara pengalaman mengajar guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh signifikan antara kualifikasi pendidikan guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang signifikan antara sertifikasi guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikan secara bersamasama antara pengalaman mengajar, kualifikasi pendidikan guru dan sertifikasi guru PAI prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan asosatif, populasi dalam penelitian ini adalah jumlah guru sebanyak 40 orang dan jumlah siswa sebanyak 6.015 di SMAN se-Kabupaten Tulungagung, teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel penelitiannya adalah 15 guru PAI di SMAN se-Kabupaten Tulungagung. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitiannya adalah 1) Ada pengaruh pengalaman mengajar guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (2.854 > 1,716). Nilai signifikansi t untuk variabel pengalaman mengajar adalah 0.006 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,016 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif xi dan signifikan antara pengalaman mengajar terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se-Kabupaten Tulungagung. 2) Ada pengaruh kualifikasi pendidikan guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung yang dibuktikan dari nilai t hitung > t tabel (2.378 > 1,176). Nilai signifikansi t untuk variabel kualifikasi pendidikan guru adalah 0.037 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,037 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan kualifikasi pendidikan guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung. 3) Pengaruh sertifikasi guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung yang dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (3.736 > 1,176). Nilai signifikansi t untuk variabel sertifikasi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah 0.003 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,003 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan sertifikasi guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung. 4) Pengaruh pengalaman mengajar, kualifikasi pendidikan guru dan sertifikasi guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se-Kabupaten Tulungagung yang ditunjukkan dari nilai Fhitung (6.129) > Ftabel (3.587) dan tingkat signifikansi 0,010 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,010, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,010 < 0,05). Jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapatlah ditarik kesimpulan adanya pengaruh pengalaman mengajar, kualifikasi pendidikan guru dan sertifikasi guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMAN se Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I 2846134016 Lailatul Fitria
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:45
Last Modified: 21 Dec 2015 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3082

Actions (login required)

View Item View Item