PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS 7 MTS DARUL HUDA WONODADI BLITAR

MEYRINA KHOIRUN NISA', 12209183100 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS 7 MTS DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (986kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum maksimalnya penggunaan teknologi yang semakin berkembang untuk media pembelajaran. Adanya perkembangan teknologi guru tidak hanya berpegang pada fasilitas yang ada di kelas saja, akan tetapi perlu membuat inovasi baru dari adanya teknologi. Penggunaan media yang tepat akan meningkatkan pemahaman siswa terkait materi yang disampaikan. Siswa akan lebih aktif dikelas dan tertarik mengikuti proses pembelajaran. Video animasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik. Melalui video animasi siswa mendapat pengalaman baru dalam belajar dan membantu proses pengajaran yang dilakukan oleh guru. Video animasi dapat dibuat melalui aplikasi online Powtoon. Powtoon dapat digunakan dengan mudah tanpa keahlian khusus dan tersedia berbagai pilihan animasi, video, gambar yang dapat disesuaikan dengan materi yang dipilih. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon pada mata pelajaran ips materi peran iptek dalam kegiatan ekonomi kelas 7 MTS Darul Huda dan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon dalam meningkatkan pemahaman serta meningkatkan keaktifan siswa kelas 7 MTS Darul Huda pada mata pelajaran ips materi peran iptek dalam kegiatan ekonomi. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan tahap-tahap penelitian menurut Borg and Gall. Penelitian dilakukan di kelas VII B MTS Darul Huda Wonodadi Blitar. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil uji validasi memiliki persentase dari ahli media 81,57%, nilai persentase dari ahli materi memiliki persentase sebesar 88%, dan dari guru mata pelajaran IPS memiliki persentase sebesar 91%. Validator menyatakan video animasi berbasis Powtoon layak digunakan dengan sedikit perbaikan. Angket siswa dengan rata-rata 85% menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Powtoon praktis. Persentase ketuntasan siswa sebesar 82,7% sehingga hasil evaluasi telah masuk kriteria sangat baik. Hasil pengamatan siswa mendapat 18,9% sehingga video animasi berbasis Powtoon dapat digunakan tanpa revisi dan masuk kategori praktis. Hasil yang diperoleh melalui uji normalitas untuk Pre-test 0,074 (0,074 > 0,05) dan Post-test 0,092 (0.092 > 0,092) yang mencapai taraf signifikan 0,05. Sehingga H1 dapat diterima dan berdistribusi normal. Sedangkan, uji T (Hipotesis) memperoleh hasil sig. (2-tailed) = 0,000 sehingga kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) menunjukkan bahwa H1 diterima dan terdapat perbedaan hasil di kelas VII B menggunakan media video animasi berbasis Powtoon. Dari hasil uji normalitas dan uji T (Hipotesis) video animasi berbasis Powtoon efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183100 MEYRINA KHOIRUN NISA'
Date Deposited: 24 Sep 2022 04:40
Last Modified: 24 Sep 2022 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30829

Actions (login required)

View Item View Item