PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMPN 2 KALIDAWIR

LISA DIANA, 12208183081 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMPN 2 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Kelas VII di SMPN 2 Kalidawir” ini ditulis oleh Lisa Diana, NIM. 12208183081, Jurusan Tadris Biologi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci: Blended Learning, Prestasi Belajar, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan suatu pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Namun, bagaimanapun canggihnya teknologi yang digunakan belum mampu menggantikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka karena masih adanya keterbatasan dalam aksesibilitas internet, perangkat keras dan perangkat lunak, serta pembiayaan. Oleh karena itu, perlu adanya penggabungan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran online yang disebut dengan blended learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII di SMPN 2 Kalidawir? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII di SMPN 2 Kalidawir? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII di SMPN 2 Kalidawir? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan adalah postestonly control design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir, Tulungagung. Sampel yang digunakan adalah 23 siswa kelas VII B sebagai kelompok eksperimen(diberikan perlakuan model pembelajaran blended learning) dan 22 siswa kelas VII C sebagai kelompok kontrol(diberikan perlakuan model konvensional). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMPN 2 kalidawir. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) dimana nilai tersebut menunjukkan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yaitu 0,017 < 0,05. Maka H₀ ditolak dan Ha diterima (2) Ada pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMPN 2 kalidawir. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) dimana nilai tersebut menunjukkan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yaitu 0,010 < 0,05. Maka H₀ ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh pembelajaran menggunakan menggunakan model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan Lingkungan kelas VII SMPN 2 kalidawir. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) menunjukkan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yaitu 0,004 < 0,05. Maka H₀ ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S1 12208183081 LISA DIANA
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:27
Last Modified: 09 Nov 2022 08:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30863

Actions (login required)

View Item View Item