LISA DIANA, 12208183081 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMPN 2 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Kelas VII di SMPN 2 Kalidawir” ini ditulis oleh Lisa Diana, NIM. 12208183081, Jurusan Tadris Biologi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci: Blended Learning, Prestasi Belajar, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan suatu pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Namun, bagaimanapun canggihnya teknologi yang digunakan belum mampu menggantikan pelaksanaan pembelajaran tatap muka karena masih adanya keterbatasan dalam aksesibilitas internet, perangkat keras dan perangkat lunak, serta pembiayaan. Oleh karena itu, perlu adanya penggabungan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran online yang disebut dengan blended learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII di SMPN 2 Kalidawir? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII di SMPN 2 Kalidawir? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII di SMPN 2 Kalidawir? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan adalah postestonly control design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir, Tulungagung. Sampel yang digunakan adalah 23 siswa kelas VII B sebagai kelompok eksperimen(diberikan perlakuan model pembelajaran blended learning) dan 22 siswa kelas VII C sebagai kelompok kontrol(diberikan perlakuan model konvensional). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMPN 2 kalidawir. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) dimana nilai tersebut menunjukkan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yaitu 0,017 < 0,05. Maka H₀ ditolak dan Ha diterima (2) Ada pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMPN 2 kalidawir. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) dimana nilai tersebut menunjukkan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yaitu 0,010 < 0,05. Maka H₀ ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh pembelajaran menggunakan menggunakan model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar pada materi interaksi makhluk hidup dengan Lingkungan kelas VII SMPN 2 kalidawir. Hal ini ditunjukkan dari nilai sig. (2-tailed) menunjukkan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yaitu 0,004 < 0,05. Maka H₀ ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | S1 12208183081 LISA DIANA |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 08:27 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 08:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30863 |
Actions (login required)
View Item |