ANALISIS PEMAHAMAN PROSEDURAL DAN KONSEPTUAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LIMIT KELAS XI

ARIF BUDIMAN, 3214113003 (2015) ANALISIS PEMAHAMAN PROSEDURAL DAN KONSEPTUAL BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LIMIT KELAS XI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Prosedural dan Konseptual Berdasarkan Gaya Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Limit Kelas XI” ini ditulis oleh Arif Budiman, NIM. 3214113003, Program Studi Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Pemahaman, Prosedural, Konseptual, Gaya Belajar. Limit Fungsi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda. Hal ini menyebabkan masing-masing siswa mempunyai cara yang berbeda untuk memperoleh pemahaman prosedural dan konseptual pelajaran matematika. Dalam hal ini peneliti menghubungkan pemahaman prosedural dan konseptual siswa berdasarkan gaya belajar pada materi limit fungsi di MA Unggulan Bandung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana analisis pemahaman prosedural dan konseptual di tinjau dari gaya belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal limit fungsi kelas XI?. Melakukan penelitian perlu adanya tujuan agar penelitian tersebut lebih terarah. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis pemahaman prosedural dan konseptual ditinjau dari gaya belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal limit fungsi kelas XI. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah MA Unggulan Bandung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran. Bagi guru sebagai refleksi untuk peningkatan pengajaran yang akan dilakukan. Bagi siswa sebagai bahan kajian dan renungan untuk pemahaman berdasarkan gaya belajar. Bagi para pembaca/ peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan observasi untuk memperoleh data tentang gaya belajar yang dimiliki siswa. Sedangkan metode tes dan wawancara untuk mengetahui pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan angket dan observasi didapatkan belajar dari 25 siswa didapatkan sebagai berikut. Siswa dengan gaya belajar auditorial 12 atau 48% siswa, gaya belajar visual 3 atau 12%, gaya belajar kinestetik 7 atau 28% siswa, dan gaya belajar auditorial kinestetik 3 atau 12% siswa. Siswa dengan gaya belajar auditorial dominan menggunakan indra pendegaran untuk mendapatkan pemahaman suatu materi. Siswa dengan gaya belajar visual dominan menggunakan indra pengelihatan untuk mendapatkan pemahaman suatu materi. Siswa dengan gaya belajar kinestetik dominan menggunakan keaktifan diri untuk mendapatkan pemahaman suatu materi. Siswa tidak hanya dominan menggunakan satu gaya belajar. Berdasarkan hasil angket terdapat gaya belajar siswa campuran antara auditorial dan kinestetik. ini berarti gaya belajar siswa saling melengkapi tidak hanya menggunakan pengelihatan ataupun pendengaran. Melainkan satu sama lain bekerja sama untuk mendapatkan pemahaman suatu materi. Hasil penelitian menunjukan pemahaman siswa berdasarkan gaya belajar siswa pada materi limit fungsi terdapat siswa yang bergaya belajar auditorial, visual, kinestetik, dan auditorial-kinestetik. berdasarkan sampel dari masing-masing siswa yang mempunyai gaya belajar berbeda diperoleh pemahaman secara konsep pada kategori (1) interpretasi dan (2) ekstrapolasi. Pemahaman prosedural siswa sesuai urutan kaidah-kaidah, prosedur-prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan soal-soal matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ARIF BUDIMAN BUDIMAN
Date Deposited: 21 Dec 2015 08:08
Last Modified: 21 Dec 2015 08:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3091

Actions (login required)

View Item View Item