THE EFFECTIVENESS OF EDMODO ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY OF SECOND GRADE AT MTSN 3 TULUNGAGUNG

WIDYA GUSTINA WAHYUNINGSIH, 17203163173 (2022) THE EFFECTIVENESS OF EDMODO ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY OF SECOND GRADE AT MTSN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Wahyuningsih, Widya Gustina: Nomor Induk Mahasiswa: 17203163173, 2020. The effectiveness of edmodo on students’ speaking ability of second grade at MTsN 3 Tulungagung. Skripsi. Jurusan bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Arina Shofiya, M.pd. Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Edmodo, Teks Recount. Teknologi berperan penting bagi kehidupan manusia di masa kini, khususnya bagi siswa. Bahkan, teknologi juga memiliki peranan penting dalam pendidikan untuk diaplikasikan dan digunakan di berbagai sekolah. Di sisi lain, saat ini banyak sekolah yang tidak menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar. Ada berbagai macam media yang dapat digunakan dalam pembelajaran speaking khususnya dalam pembelajaran speaking pada teks recount. Salah satu media- media tersebut adalah Edmodo. Edmodo adalah pengembangan teknologi pendidikan yang dirancang ramah seperti facebook yang menyajikan berita di lingkungan guru, peserta didik dan orang tua untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar. Alasan peneliti menggunakan Edmodo sebagai media dalam mengajar speaking adalah peneliti percaya bahwa Edmodo merupakan media yang sesuai dengan kebutuhan guru, siswa maupun orang tua. Jadi mereka akan merasa nyaman dengan menggunakan media tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah Edmodo efektif untuk mengajar speaking pada angkatan kedua MTsN 3 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Edmodo efektif digunakan untuk mengajar speaking di kelas dua mts atau tidak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model penelitian quasi experimental dengan dua grub sebagai subjek penelitian. Grup pertama sebagai grub kontrol dan grub kedua sebagai grub eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung. Sample dari penelitian ini adalah kelas VIII C yang terdiri dari 33 siswa dan kelas VIII D yang terdiri dari 38 siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes. Peneliti menggunkan rumus Independent Sample T-test dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Edmodo efektif digunakan dalam mengajar speaking khusunya dalam speaking teks recount. Keefektifan dari Edmodo dapat ditunjukkan dalam point-point berikuti ini: 1) nilai rata-rata pre-test siswa yang diajar menggunakan Edmodo adalah 66.05, dan nilai rata-rata post-test adalah 73.61. Total nilai rata-rata yang diperoleh adalah 7.56. 2) nilai rata-rata pre-test siswa yang diajar tanpa menggunakan Edmodo adalah 63.27, dan nilai rata-rata posttest adalah 66.94. Total nilai rata- rata yang diperoleh adalah 3.67. 3) hasil dari T-test pada taraf signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa nilai signifikan (sig-2 tailed) adalah 0.000, dan itu harus dibagi menjadi dua karena kita menggunakan tes satu arah (0.000:2 = 0.000). 0.000 lebih rendah dari 0.05 (0.00 < 0.05). Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada score menulis teks recount antara siswa yang diajar dan tidak diajar menggunakan Edmodo. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Edmodo dalam pembelajaran speaking di MTsN Tulungagung adalah efektif. Jadi, Edmodo adalah strategi yang dapat digunakan sebagai strategi alternatif dalam mengajar speaking khususnya dalam speaking teks recount.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: S1 17203163173 WIDYA GUSTINA WAHYUNINGSIH
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:17
Last Modified: 27 Sep 2022 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30941

Actions (login required)

View Item View Item